banner dprd mkassar

Kuliah Umum “Resolving Marine Enviromental Disputes In The Asia Pacific” Oleh Tim Stephen Professor University of Sidney Australia

pemprov sulsel

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR – Fakultas Hukum Unhas menggelar Kuliah Tamu (guest lecture) dengan menghadirkan Prof. Tim Stephens, B.A., LL.B., M.Phil., Ph.d., FAL, Professor pada bidang Hukum Internasional, University of Sidney, Australia (QS Ranking 19) pada hari Kamis 14 September 2023 dengan tema “Resolving Marine Enviromental Disputes In The Asia Pacific”. Kuliah Tamu dibuka secara resmi oleh Dekan Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin, Prof. Dr. Hamzah Halim S.H., M.H., M.A.P. Bertindak sebagai Moderator Rafika Nurul Hamdani Ramli S.H., LL.M, Dosen Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin. Kuliah tamu diikuti oleh Mahasiswa Fakultas Hukum Unhas dan peserta umum sebanyak 200 Peserta. Kegiatan berlangsusng secara bauran (hybrid) di Aula Prof. Dr. Baharuddin Lopa, S.H. FH Unhas.

Prof. Tim Stephens membuka kuliah dengan umum dengan menguraikan isu lingkungan laut kontemporer di kawasan Asia Pasifik. Menurutnya yang menjadi tantangan pada abad ini adalah upaya negara-negara mematuhi kewajiban dan tugas dalam menjaga lingkungan hidup berdasarkan UNCLOS 1982. Ia selanjutnya memberikan analisis tentang badan-badan peradilan intenasional yang terlibat dalam penyelesaian sengketa lingkungan. Prof Tim Stephens juga mengkritisi kontribusi yang diberikan oleh putusan arbitrase dan keputusan pengadilan terhadap perkembangan hukum lingkungan, dan menjelaskan tantangan yang dihadapi dalam proses pengadilan internasional. pada akhir sesi, moderator memandu diskusi dan tanya jawab.

Turut hadir pada kegiatan ini Wakil Dekan Bidang Akademik & Kemahasiswaan Prof. Dr. Maskun S.H., LL.M, Sekretaris Departemen Hukum Internasional Dr. Kadarudin S.H., M.H., CLA, dan Dosen Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin Andi Muhammad Aswin Anas SH., MH dan Ahmad Fachri Faqi, SH., LL.M

“Sementara dekan fakultas Hukum  unhas Prof Hamzah Halim merasa sangat terhormat dan bangga atas perkenan seorang ahli terkemuka, Prof. Tim Stephens, dari University of Sydney, Australia, yang telah berkenan meluangkan waktunya hadir sebagai pembicara tamu dalam kuliah umum yang diselenggarakan oleh Fakultas ahukum Unhas pada Kamis, 14 September 2023”.

Prof. Tim Stephens adalah seorang ahli yang diakui dalam bidang litigasi internasional, terutama dalam masalah lingkungan laut.
Topik kuliah hari ini adalah “Opsi Litigasi Internasional dalam Hubungannya dengan Masalah Lingkungan Laut di Wilayah Pasifik Selatan,” yang dianggap sangat relevan dan penting.

Oleh karena Wilayah Pasifik Selatan adalah wilayah yang kaya akan keanekaragaman hayati tetapi juga menghadapi banyak tantangan lingkungan.

Kuliah tamu ini sekaligus menjadi bukti dan menunjukkan komitmen Fakultas Hukum Unhas untuk internasionalisasi dan keberagaman akademik.

Interaksi dengan para ahli/ pakar dari luar negeri diharapkan akan memperluas pandangan dan pemahaman civitas akademika fakultas hukum unhas tentang masalah global.

Kuliah tamu ini diharapkan akan menginspirasi para peserta untuk bertindak demi perlindungan lingkungan laut yang berharga.
Peserta kuliah umum ini diundang untuk menjadikan kesempatan ini sebagai waktu untuk belajar dan berdialog secara bermakna dengan pakar yang kompeten dan diakui dunia di bidang keahliannya.(*)

Pemkot Makassar

Call Center PU

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *