Tingkatkan Minat Baca Puluhan Warga Sidrap Belajar Keaksaraan

SUARACELEBES.COM, SIDRAP – Puluhan warga belajar keaksaraan dari berbagai lembaga Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) di Kabupaten Sidrap, sekaligus mengikuti seminar dan lomba program aktivitas literasi minat baca yang berlangsung  di Kecamatan Tellu Limpoe.
Acara yang diinisiasi  Oleh Taman Baca Masyarakat (TBM) Ina Putri ini, melibatkan pelajar SMA dan mahasiswa dalam membuat blog komunitas baca.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Sidrap, Nur Kanaah mengapresiasi terselenggaranya kegiatan literasi yang dilaksanakan TMB Ima Putri yang memadukan dua jenis kegiatan literasi, yakni dari pendidikan formal dan non formal.
“Ini  langkah yang baik dan harus dilakukan oleh semua pihak, khususnya PKBM yang ada di Sidrap dalam memajukan dunia pendidikan luar sekolah,” katanya.
Literasi di Sidrap, katanya, saat ini sudah diakui di seluruh Indonesia. Makanya, pihaknya meminta agar semua lembaga pendidikan non formal untuk ikut berpartisipasi dalam meningkatkan budaya minat baca tulis masyarakat.
Panitia pelaksana, Gunawan mengatakan, kegiatan program aktivitas literasi minat baca masyarakat meliputi, pembuatan blog yang berisi artikel sesuai dengan latar belakang komunitas masing-masing dari bahan bacaan.
“Lomba itu untuk komunitas baca bagi pelajar SMA dan mahasiswa, sementara bagi warga belajar keaksaraan mengikuti lomba menulis tentang resep kue tradisional, tips kesehatan tradisional, dan sejarah daerah sekitar,” ungkapnya.
Kegiatan itu, untuk memotivasi masyarakat gemar membaca. Sebagai bentuk apresiasi, panitia menyediakan penghargaan dan uang pembinaan bagi yang juara.

PEMKOT-Makassar