Kejari Makassar Bidik Kepsek SMA Negeri 5 Dalam Kasus Pungli Penerimaan Siswa Baru

PDAM Makassar

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR – Kejaksaan Negeri Kota Makassar akhirnya menemukan titik terang hasil penyelidikan kasus dugaan korupsi berupa pungutan liar dalam proses penerimaan siswa baru SMA Negri 5 (Smunel) Makassar tahun ajaran 2016.

Kepala Kejari Makassar, Deddy Suwardy Surachman menjelaskan bahwa dugaan pungli ini melibatkan oknum Kepala Sekolah. Namun untuk membuktikannya, ia masih harus menunggu tim bekerja lebih serius di tahap penyidikan.

“Mengarah ke kepala sekolah, tetapi biar diperdalam dulu di tingkat penyidikan, kami serius menangani perkara ini,” ujar Deddy

Meski demikian, Deddy enggan menyebut secara gamblang identitas kepala sekolah Smunel yang terlibat. Yang jelas lanjut Deddy, Kepsek tersebut adalah yang menjabat saat penerimaan siswa baru di tahun ajaran 2016.

Sebelumnya, Kasi Pidsus Kejari Makassar, Sri Suryanti Malotu menerangkan terungkapnya pungli yang terjadi di dua sekolah ternama di Makassar yakni SMA Negri 5 Makassar dan SMA Negri 1 Makassar, berawal dari diketahuinya ada penambahan bangku oleh masing-masing sekolah.

Setelah diusut, penambahan bangku ini diduga tidak melalui mekanisme pendaftaran yang seharusnya berlaku yakni pendaftaran secara online. Sekolah lanjut Sri diduga juga memanipulasi data laporan pendaftar siswa sehingga ada perbedaan siswa yang masuk.

Perbedaan itu yakni laporan siswa baru di SMA Negeri 5 Makassar hanya melaporkan 12 kelas berisi 36 siswa tiap kelasnya ke operator Telkom. Padahal faktanya terdapat tambahan 3 kelas berisi masing-masing 36 siswa yang juga didaftar secara offline.

Sementara di SMA Negeri 1 sebanyak 294 siswa berdasarkan data yang diterima operator Telkom. Padahal berdasarkan fakta, siswa baru yang diterima adalah 396 siswa.

Sehingga terdapat selisih 102 siswa yang tidak dilaporkan atau didaftar secara offline. Penerimaan ke 102 siswa itu diduga terjadi secara liar dan dikenai pungutan secara liar.

 

Andi Muhammad Fadli
Gerinra Sulawesi Selatan