banner dprd mkassar

Lapangan Karebosi Jadi Pusat Shalat Idul Adha 1445 H di Makassar, Pemkot Pastikan Nyaman dan Aman

pemprov sulsel

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR – Pemerintah Kota Makassar memastikan penyelanggaraan Shalat Id Idul Adha 1445 Hijriah pada Senin (16/6/2024) di Lapangan Karebosi dapat berjalan dengan aman, nyaman, bersih dan teratur.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kota Makassar, Mohammad Syarief, menyatakan bahwa Lapangan Karebosi akan menjadi pusat Shalat Id Idul Adha di Kota Makassar, termasuk dihadiri oleh Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan Pomanto, beserta jajaran pejabat Pemkot Makassar.

Syarief mengungkapkan bahwa Lapangan Karebosi dipilih sebagai pusat lokasi Shalat Id karena kapasitasnya yang luas dan aksesibilitas yang baik dari berbagai wilayah di Makassar

“Pelaksanaan Shalat Id di Lapangan Karebosi juga sudah menjadi tradisi karena fasilitas yang memadai dan koordinasi keamanan yang baik, sehingga dapat menjamin pelaksanaan shalat yang nyaman dan aman bagi semua jemaah,” ucapnya pada Minggu (16/6/2024).

Untuk memastikan kebersihan lokasi, Camat Ujung Pandang, Syahrial Syamsuri, telah menurunkan 20 orang petugas kebersihan untuk menjaga kebersihan sebelum dan sesudah pelaksanaan Shalat Id.

“Saat ini petugas kebersihan telah bekerja keras mensterilkan sampah dan merapikan rumput di lokasi Lapangan Karebosi dan jalanan sekitarnya untuk memberikan kenyamanan jemaah saat shalat Id” ujarnya.

Selain itu, Syahrial mengatakan pihaknya akan menyediakan 2 mobil truk dan 3 armada tiga roda untuk mengangkut sampah setelah pergelaran Shalat Id.

Selain kebersihan, pengaturan parkir juga menjadi perhatian. Dirut PD Parkir Makassar, Yulianti Yomu, menjelaskan bahwa pihaknya telah menyiapkan kantong parkir gratis di sekitar Lapangan Karebosi.

“30 anggota kami akan turun untuk mengatur perparkiran di area Lapangan Karebosi yakni di Jalan Kajoalalido, Jalan Ahmad Yani, dan Dr. Wahidin Sudirohusobo,” sebutnya.

Selain di Lapangan Karebosi, Ia mengatakan pihaknya juga menyiapkan kantong parkir di area Anjungan Pantai Losari, Masjid 99 Kubah, dan Jalan Boulevard.

“Ia berharap pengaturan parkir ini dapat mengurangi kemacetan dan memberikan kenyamanan bagi jamaah dan seluruh jamaah juga mematuhi aturan parkir yang telah ditetapkan demi kelancaran bersama,” pungkasnya.

Untuk diketahui, selain Lapangan Karebosi, terdapat sembilan titik alternatif dalam pergelaran Shalat Id, di antranya Anjungan Pantai Losari, Masjid Al Markas, Masjid Raya, Lap. Tamalate, Masjid. HM. Asyik, Hotel Claro, Telkom Pettarani, Trans Studio dan Masjid 99 Kubah.

Dengan persiapan yang matang ini, menunjukkan komitmen Pemerintah Kota Makassar dalam memberikan pelayanan terbaik pelaksanaan Shalat Idul Adha 1445 H agar berjalan dengan aman, nyaman, dan khidmat.

Pemkot Makassar

Call Center PU

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *