IYL Lirik 4 Bupati Aktif Jadi Wakilnya

Gerinra Sulawesi Selatan

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR – Setelah menemui sejumlah ketua-ketua partai seperti PAN, PDI Perjuangan dan Nasdem, bakal calon gubernur Sulsel Ichsan Yasin Limpo (IYL) muali mencari calon pendampingnya bertarung di pilgub Sulsel 2018 mendatang.

Ada sejumlah figur calon wakilnya, Empat diantaranya masih menjabat sebagai kepala daerah aktif. Masing-masing, Bupati Sidrap Rusdi Masse,Bupati Pinrang Aslam Patonangi, Bupati Bone Andi Fahsar Padjalangi dan Bupati Luwu Andi Mudzakkar.

“Ada dari Toraja Matius Salempang, Luwu ada Andi Cakka (Andi Mudzakkar), Mansyur Ramli, Luthfi Mutty, dan pak Aziz. Selain itu ada Bupati Pinrang dan Akbar Faisal, bupati Bone mau saya kasi masuk (survei) cuma belum ketemu,” kata Ichsan seusai pertemuan dengan Ketua Nasdem Sulsel Rusdi Masse di Hotel Grand Clarion, Makassar,Minggu siang.

Ichsan Yasin Limpo salam komando dengan ketua DPD PDI Perjuangan Sulsel Andi Ridwan Witiri. Pertemuan ini digelar disela-sela acara pelatihan kader PDI Perjuangan Sulsel. (int)
Ichsan Yasin Limpo salam komando dengan ketua DPD PDI Perjuangan Sulsel Andi Ridwan Witiri. Pertemuan ini digelar disela-sela acara pelatihan kader PDI Perjuangan Sulsel. (int)

Bupati Sidrap Rusdi Masse sendiri, kata Ichsan, sudah ditawari untuk dilibatkan dalam survei. Hanya saja Rusdi disebut menolak dan hanya menawarkan nama dua kader Nasdem yakni Akbar Faisal dan Luthfi Mutty.

“Jadi kelihatannya RMS tidak tertarik jadi calon di pilgub termasuk jadi wakil. Jadi dia dorong dua kader, di saya ada mekanisme,” tambahnya.

Beberapa figur lain juga dilibatkan seperti Andi Rivai Ras. Kecuali Burhanuddin Andi tidak dimasukkan dengan alasan mantan Kapolda Sulselbar tersebut ingin maju sebagai calon gubernur.

Mantan Bupati Gowa dua periode ini menjelaskan, jika mekanisme figur untuk jadi wakilnya mesti melalui hasil survei. Setiap figur diberikan waktu dua bulan untuk angkat popularitasnya. Dua lembaga survei yakni PT LSI dan JSI akan dilibatkan. Dua lembaga ini selanjutnya mengeluarkan rekomendasi dua nama teratas hasil surveinya.

“Kita mencari dua figur terbaik dari rekomendasi lembaga survei ini. Dua itu saya pilih berdasarkan subjektivtas. Mereka juga boleh ambil lembaga lain sebagai pembanding,” jelas adik Gubernur Sulsel ini. (SO)

Andi Muhammad Fadli