15 Unit Co’Mo Dipersiapkan Danny Pomanto Jajal Lorong Wisata

Pemprov-Sulsel-SC
PDAM MAKASSAR

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR – Sebanyak 15 unit moda transportasi Commuter Metromoda atau Co’Mo edisi terbaru dan terupgrade dipersiapkan Walikota Makassar Moh Ramdhan Pomanto untuk menjajal lorong wisata.

Peluncuran dan operasional minibus yang dipastikan lebih unggul dari sebelumnya ini direncanakan dimulai pada Juni atau Juli 2023 mendatang.

Pada mobil terbaru ini, kelebihan itu ada karena beberapa perubahan seperti penyempurnaan desain, penyempurnaan kecepatan, kapasitas dan pastinya menggunakan daya listrik.

Selanjutnya, Co’mo akan menjadi transportasi khusus mengangkut wisatawan berkeliling mengunjungi Lorong Wisata (Longwis) dalam wilayah Kota Makassar.

Dalam kunjungannya, para wisatawan yang diangkut Co’mo akan disuguhkan dengan kacamata VR, yang memperlihatkan metaverse dari Longwis yang akan dikunjungi.

Di samping, hal itu menjadi bagian dari upaya mendukung kebijakan pemerintah dalam hal kendaraan listrik.

Keunggulan Co’Mo dibanding dengan kendaraan konvensional menurut Pengusaha IT dan Mobil Listrik Ervan Komunar Pabo yakni ramah lingkungan atau green energy sehingga tanpa polusi. Dan pada prinsipnya, merupakan kendaraan masa depan.

Sementara itu, untuk desain Co’Mo Ervan menuturkan, timnya hanya menjalankan desain dari wali kota. Sembari itu, menunggu administrasi beres seperti, izin perusahaan, izin industri, juga laik jalannya.

“Saya tukang jahitnya, tukang buatnya. Semua desainnya dari pak wali. Rencananya bulan Juni itu sudah ada 15 unit yang mana harus lebih sempurna dari sebelumnya,” tuturnya.

Saat ini, Walikota sementara berkoordinasi dengan Kemendagri dan BPK tentang bagaimana regulasinya. Apakah Pemda bisa buat sendiri atau berkolaborasi dengan swasta lalu dibeli.

Makassar menjadi yang pertama di Indonesia apabila mobil Co’Mo ini terwujudkan, dimana sebelumnya, desain Co’Mo sudah menggunakan sensor dengan kendali melalui smartphone.

Pangkep SC