Penyidik Kejati Sulsel Telurusi Aset Tersangka Diduga Hasil Korupsi Lahan Laikang Takalar

PDAM Makassar

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR – Tim penyidik Kejati Sulsel terus mendalami kasus dugaan Korupsi penjualan lahan negara tepatnya di desa laikang, Kecamatan Mangarabombang, Kabupaten Takalar.

Selain mendalami peran tersangka dan keterlibatan pihak lain dalam dugaan korupsi ini, tim penyidik juga ikut menelusuri aliran uang yang diduga hasil korupsi dari penjualan lahan seluas 150 ha di desa Laikang.

Kepala Kejati Sulsel, Hidayatullah menjelaskan bahwa adanya aset aset milik tersangka yang diduga merupakan hasil korupsi akan ditelusuri oleh penyidik. Jika benar aset itu milik tersangka dan keberadaannya diduga setelah melakukan korupsi, maka itu wajib disita.

“Kita akan telusuri, rumah mewah dan mobil mobil yang katanya milik tersangka, kalau benar temuan penyidik itu hasil korupsi, langsung kita sita,” ujar Hidayatullah

Hingga saat ini, penanganan perkara dugaan Korupsi penjualan lahan negara di Kabupaten Takalar terus berjalan. Termasuk keterlibatan Bupati Burhanuddin Baharuddin.

Tiga tersangka yang telah ditetapkan sebelumnya ialah Kepala Kecamatan Mangarabombang, Noor Uthary, Kepala Desa Laikang, Sila Liadi dan Sekretaris Desa, Riswan Siswanto. Dua diantaranya yakni Noor Uthary dan Riswan Siswan hingga saat ini masih mendekam dalam tahanan menunggu berkas perkara dilimpahkan ke Pengadilan Tipikor Makassar. (*)

Gerinra Sulawesi Selatan