Pemkot Parepare Dorong Peningkatan Kualitas Maturitas Sistem Pengendalian Intern Pemerintah

Pemkot Makassar SC
BAPENDA Makassar SC

SUARACELEBES.COM, PAREPARE – Wakil Wali Kota Parepare, H Pangerang Rahim mewakili Wali Kota Parepare, Dr HM Taufan Pawe membuka kegiatan Workshop Penilaian Maturitas Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) dan Manajemen Risiko (MR) lingkup Pemerintah Kota Parepare oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Sulawesi Selatan di Balai Ainun Habibie, Parepare, Rabu, 17 Maret 2021.

Dalam sambutannya, Pangerang Rahim mengingatkan, bahwa kegiatan workshop ini memiliki arti sangat penting untuk meningkatkan keberhasilan penyelenggaraan SPIP pada satuan kerja lingkup Pemkot Parepare. Hak tersebut merupakan salah satu upaya dalam meningkatkan Maturitas SPIP.

“Hal ini penting untuk mengetahui risiko dalam pelaksanaan kegiatan karena dengan manajemen risiko yang baik, diharapkan dapat meminimalisir kesalahan. Karena setiap yang dikerjakan terdapat risiko baik dari dalam maupun dari pihak lain,” ingat Pangerang.

Pangerang mengemukakan, untuk mencapai pengelolaan keuangan negara yang efektif, efisien, transparan, dan akuntabel, wajib melakukan pengendalian atas penyelenggaraan kegiatan pemerintahan.

“Oleh karena itu, kita fokus pada arah strategi peningkatan Maturitas SPIP yakni dalam hal peningkatan kualitas penyelenggaraan sistem pengendalian intern dan peningkatan kuantitas Maturitas SPIP,” pinta Pangerang.

Dia mengharapkan kepada peserta workshop untuk memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik baiknya agar dapat diperoleh hasil yang lebih baik dalam menunjang pelaksanaan tugas tugas ke depan.

Inspektur Kota Parepare, HM Husni Syam dalam laporannya mengatakan, bahwa kegiatan diikuti oleh seluruh pimpinan SKPD, Kasubag Perencanaan SKPD yang menangani SPIP sebanyak 66 orang. Kegiatan berlangsung 3 hari, 17-19 Maret 2021, dengan menghadirkan pemateri dari Tim Maturitas SPIP Perwakilan BPKP Sulsel. (*)

 

Perumda Parkir Makassar
Pangkep SC