Fory Naway Paparkan Peran PKK dalam Penurunan AKI dan AKB Dan Stunting

PDAM Makassar

SUARACELEBES.COM, GORONTALO – Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Gorontalo, Dr. FOry Naway didaulat menjadi Nara sumber Pada Pertemuan konvergensi lintas sektor dan lintas program dalam rangka percepatan penurunan AKI dan AKB dan stunting, di Hotel Ibbis Kota Manado,( 15/06/2021).

Dalam kesempatan itu, Bunda PAUD kabupaten Gorontalo memaparkan Peran PKK dalam Penurunan AKI dan AKB Dan Stunting di Kabupaten Gorontalo.

Fory Naway memaparkan, peran PKK kabupaten Gorontalo telah dituangkan pada 10 program PKK terintegrasi.

Prioritas program PKK dalam bidang kesehatan Kata Fory Naway, antara lain memantapkan keluarga sadar gizi dalam upaya menurunkan prevalensi anak balita kurang gizi.

” salah satunya, adalah gizi seimbang pada ibu hamil,menyusui dan balita,” Papar Fory Naway.

Sasaran keluarga, calon pengantin,pasangan usia subur, semua anggota keluarga didalamnya da suami, ibu meneteki masa perawatan bayi dan ibu hamil,bersalin dan nifas.

Kami PKK punya banyak program kesehatan. Diantaranya Kata Fory Naway penyediaan makanan tambahan pada anak sekolah.

” Upaya penambahan kaloriĀ  Protein,Karbohidrat, lemak,vitamin ,mineral air di setiap sekolah,” ungkapnya.

Kemudian membudayakan lima imunisasi lengkap dan rutin menurunkan angka kematian ibu dan anak. Meningkatkan pasangan usia subur tentang pemakaian alat kontrasepsi.Meningkatkan penyuluhan penyakit menular dan tidak menular.

Meningkatkan tanam dan pelihara pohon dalam upaya kelestarian lingkungan dalam rangka mengurangi penebalan panas global.

“Intinya juga peran PKK dalam kesehatan mendorong swadaya masyarakat dalam upaya penurunan AKI dan AKB Serta angka kematian balita ( Akbal) melalui Gerakan sayang ibu,
Mensosialisasikan donor darah,
Lima imunisasi lengkap dan imunisasi rutin serta Pencatatan angka kelahiran dan kematian di kelompok dada wisma,” tutupnya.(*)

Pemkot Makassar SC
Gorontalo SC