Pimpinan MPR-RI ke Nurdin Abdullah: Makasih Pak Gubernur

Gerinra Sulawesi Selatan

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR,  – Wakil Ketua MPR-RI Bidang Pengkajian Ketatanegaraan, Syarief Hasan mengucapkan terimakasih kepada Gubernur Sulsel, karena daerah kelahirannya betul-betul diperhatikan oleh Pemprov Sulsel.

“Saya berterimakasih pada Pak Gubernur. Saya kan orang Sulawesi Selatan kebetulan orang dari Luwu, ternyata perhatian beliau kepada daerah Luwu itu sangat tinggi sekali,” kata Syarief Hasan usai menemui Gubernur Sulsel, di Baruga Lounges, Kantor Gubernur Sulsel, Selasa, 17 Desember 2019.

Langkah mantan Bupati Bantaeng 2008-2018 ini kata Syarief Hasan, merupakan sebuah perkembangan baru bagi Sulsel pada umumnya, lebih-lebih untuk Luwu Raya.

“Tentunya ini bagus sekali untuk perkembangan daerah ini, apalagi secara umum untuk Sulawesi Selatan,” lanjutnya.

Menurut, Syarief Hasan komunikasi antara MPR RI dengan Pemprov Sulsel tentunya terus berlanjut, apalagi dirinya memiliki hubungan emosional yang sangat baik dengan Gubernur Sulsel sejak di Kabupaten Bantaeng.

“Saya pikir komunikasi ini akan kami lanjutkan dan tentunya banyak lagi pandangan yang akan diberikan oleh beliau (Gubernur Sulsel), karena terus terang saja hubungan emosional saya dengan beliau (Gub) ini kan sudah terbangun sudah cukup lama sejak beliau di Bantaeng, saya juga sering bertandang kesana (Bantaeng), jadi kunjungan hari ini merupakan nostalgia jugalah,” jelas politisi Demokrat asal Luwu Raya itu.

Pembicaraan lebih dalam lainnya, antara MPR-RI dengan Pemprov Sulsel bagaimana membangun koordinasi dengan baik mengenai anggaran dari pemerintah pusat yang turun ke pemerintah daerah.

“Menyangkut masalah anggaran untuk provinsi Sulawesi Selatan, kalau bisa ada koordinasi yang bagus karena banyak anggaran yang disalurkan tidak melalui koordinasi dengan Gubernur, karena lebih bagus kalau itu dibawah koordinasi Gubernur,” ujarnya politisi partai besutan SBY itu.

Ditanya mengenai anggaran apa saja yang didiskusikan saat pertemuan yang berlangsung 1 jam 15 menit itu. Dan untuk itu Syarief Hasan berjanji akan melakukan koordinasi dengan seluruh menteri terkait mengenai kebutuhan anggaran di Sulsel ini.

“Seperti Balai-balai itu kan banyak Balai-balai yang dikelalo oleh dinas-dinas lebih perlu untuk di evaluasi, dan saya pikir bagus untuk saya bicarakan dengan menteri terkait di Jakarta,” pungkasnya.

Senada dengan yang disampaikan Wakil Ketua MPR RI, Gubernur Sulsel, Prof H M Nurdin Abdullah menjelaskan, bagaimana sinergitas yang dibangun antara pemerintah pusat dengan pemerintah daerah khusus provinsi Sulsel.

Menurut, Prof Nurdin, salah satu cara sinergi yang baik adalah dengan cara duduk bersama antara seluruh Balai-balai dengan Pemprov Sulsel untuk menyatukan program sesuai instruksi presiden republik Indonesia.

“Harus dikoordinasikan kepada Gubernur, program kita duduk bersama supaya singkron balai kerja apa?, provinsi kerja apa?, kota dan kabupaten kerja apa?, Inikan bahasanya Pak Presiden sinergi, sinergi dan sinergi itu,” ungkap mantan Sekjen Apkasi Indonesia ini.

Apalagi, tahun ini nilai bantuan keuangan dari pemerintah pusat untuk Pemprov Sulsel mencapai Rp 3,8 triliun, nah dengan anggaran ini bagaimana difokuskan program prioritas utama di sini.

“Cukup besar tahun ini Rp 3.8 triliun masuk ke Sulsel. Artinya dengan dana ini, apasih yang menjadi skla prioritas, kalau pun ada usulan kasi juga ke kita dong, supaya nanti jangan doubel,” tutupnya.(*)

 

Andi Muhammad Fadli