Sandiaga Uno  : Masjid 99 Kubah Keren Banget, Semoga Segera Selesai

PDAM Makassar

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR –
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Sandiaga Uno melakukan kunjungan kerja ke Kota Makassar, Kamis (17/6/2021).

Kehadirannya di Makssar untuk mengenal dan mengetahui lebih banyak potensi priwisata yang dapat meningkatkan pendapatan daerah.

Usai berkeliling dan sempat bertemu dengan Wali Kota Makassar Moh Ramdhan “Danny” Pomanto, Sandiaga Uno menyempatkan dirinya menghirup udara pagi dengan berlari bersama Night Run Vercity (NRVC), Jumat (18/6/2021).

Saat berada di kawasan reklamasi Central Poin of Indonesia (CPI). Sandiaga Uni melihat bangunan Masjid 99 Kubuh yang hingga kini pembangunannya belum selesai.

Sandiaga Uno  dalam pernyataanya melalui akun istragramnya mengharapkan masjid 99 Kubuh itu agar segera selesaikan, menjadin ikon kota Makassar yang sangat luar biasa dan keren.

“Mudah mudah – mudahan segera selesai, menjadi ikon yang pakai lampu gitu, luar biasa keren banget,” ucap Sandiaga

Sandiaga mengatakan masjid 99 kubah adalah karya terbaik sahabatnya yakni Ridwan Kamil yang dibangun oleh Syahrul Yasin Limpo saat menjabat Gubernur Sulawesi Selatan, saar ini SYL telah menjabat sebagai menteri pertanian.

“Luar biasa ini, karya terbaik teman saya kang RK ‘Ridwan Kamil’ dibangun pada masa Pak SYL  yang saat ini menjadi mentan,” ujar Sandiaga.

Proyek pembangunan masjid tersebut sebelumnya terhenti berhenti sejak masa tugas Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo berakhir pada 2018 lalu.

Namun pada masa jabatan Gubernur Sulsel (sekarang nonaktif) Nurdin Abdullah, kelanjutan proyek itu tidak menjadi prioritas, sehingga kembali direkomendasikan kepada Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman agar bisa menindaklanjutinya.

Sebab, anggaran yang digelontorkan pada proyek tersebut, tidak sedikit. Dari pengusulan anggaran oleh dinas terkait pada 2017 sebesar Rp170 miliar, disetujui dewan Rp60 miliar, selanjutnya pada 2018 hanya Rp60 miliar.

Pembangunan Masjid 99 Kubah yang luas bangunannya 72 x 45 meter itu diperkirakan menelan biaya Rp160 miliar yang berasal dari APBD. Masjid tersebut nantinya dapat menampung 13.075 jemaah.

Hampir 4 tahun setelah pembangunan, masjid yang langsung dirancang oleh Ridwan Kamil yang saat itu masih menjabat Wali Kota Bandung tidak kunjung selesai.(*).

 

Pemkot Makassar SC
Gorontalo SC