Digitalisasi Koperasi : Arah Baru Revolusi Industri Dorong Kemajuan Koperasi

Pemkot Makassar SC
BAPENDA Makassar SC

Penulis : Ramansyah, S.Sos.,M.I.Kom. (Tenaga Pengajar Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Program Studi Ilmu Komunikasi Jurnalistik Universitas Ichsan Gorontalo)

SUARACELEBES.COM, GORONTALO – Digitalisasi yang tengah melanda seluruh dunia, termasuk di lndonesia, telah mengubah banyak lini kehidupan. Sektor ekonomi pun tak luput dari perubahan tersebut, menciptakan suatu fenomena yang populer sebagai disrupsi digital. Fenomena itu mensyaratkan adaptasi perilaku pelaku kegiatan ekonomi agar tak hanya sekadar dapat bertahan, tapi juga berkembang. Koperasi sebagai salah satu pilar utama perekonomian yang bersentuhan langsung dengan masyarakat kini pun mesti jeli bersiasat di era disrupsi. Arah baru merupakan Transformasi koperasi mengikuti perkembangan teknologi digital menuju kemajuan Koperasi.

Memasuki era digitalisasi semakin tidak bisa dinafikkan. Semangat Pertumbuhan ekonomi digital sangat pesat apalagi di masa pandemi Covid-19. Koperasi harus banyak berbenah menyesuaikan diri dengan berbasis digital sebagai syarat untuk berperan lebih besar bagi kemajuan ekonomi nasional terutama di Gorontalo. Koperasi perlu melakukan terobosan dengan mengubah model bisnis yang dilakukan saat ini. Mendorong semua koperasi di Kabupaten Gorontalo beradaptasi dengan kemajuan zaman. Adaptasi pertama yang perlu dilakukan adalah dengan digitalisasi.

Revolusi industri kini banyak melahirkan jenis pekerjaan baru. Apakah koperasi-koperasi bisa melihat ini sebagai arah baru dengan pekerjaan-pekerjaan yang bisa lebih cepat. Kemudian koperasi juga harus bisa beradaptasi pada standar protokol keamanan hingga perubahan diversifikasi pasar.

Adaptasi lainya yang harus dilakukan oleh koperasi adalah memodifikasi produk sesuai dengan kebutuhan. Ekakraf Multimedia Kabupaten Gorontalo adalah wujud inovasi dan kreativitas sebuah koperasi. Saya yakin dibawah kepemimpinan Arifin SUAIB, M.E yang merupakan Ketua Koperasi Ekaprasetya Kabupaten Gorontalo bisa menjadi arah baru revolusi koperasi guna mendorong kemajuan koperasi yang berdaya saing di era digital.

Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) Ekaprasetya Kabupaten Gorontalo Manager Ekakraf Multimedia Alan Pakaya, S.I.Kom, yang merupakan jebolan alumni mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Ichsan Gorontalo dibawa tangan dinginnya bisa membawa koperasi ini lebih maju dan berkembang pesat. Dengan memanfaatkan fasilitas yang dimiliki oleh Ekakraf Multimedia Gorontalo seperti studio Podcast. Kemudian juga memiliki unit usaha Simpan Pinjam, Ritel Modern dan Ekapraetya Ekonomi Kreatif (Ekakraf) Multimedia.

Saat ini dinilai sudah nampak menunjukkan kemajuannya, kerjasama dan kolaborasi menjadi hal mendasar agar koperasi menggunakan teknologi digital secara optimal. Koperasi perlu keluar dari zona nyaman nya selama ini dan menggandeng perkembangan teknologi agar bisa melayani para anggotanya secara lebih efektif dan optimal. Koperasi membutuhkan revolusi mindset dan strategi bisnis menyongsong masa depan. Aset Digital menjadi salah satu yang harus dibangun di Gerakan koperasi.(*)

Perumda Parkir Makassar
Pangkep SC