Dana Pengadaan Alkes Rs. Labuang Baji Sebesar 2.9 Milyar Dikorupsi

PDAM Makassar

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR – Tim Satuan Tugas Khusus (Satgatsus) Tindak Pidana Korupsi Kejati Sulselbar, mulai menyelediki dugaan tindak pidana korupsi pengadaan alat kesehatan Rumah Sakit Labuang Baji, Kota Makassar. Dalam kasus ini, tim penyelidik telah memanggil sejumlah pihak yang dianggap mengetahui proses pengadaan alat kesehatan tersebut.

Hari ini, tim penyelidik telah memanggil tiga orang untuk diminta keterangan. Ketiga orang ini yakni Safaruddin dan Cornelis Kippiuw selaku pemeriksa barang dan Hj. Wahida selaku Pejabat Pembuat Komitmen dalam proyek ini.

Kasi Penerangan Hukum Kejati Sulselbar, Salahuddin menerangkan bahwa tim tengah menyelidiki adanya indikasi penggelembungan dana atau mark up, dengan cara mengkaji spek dan spesifikasi barang serta penentuan harganya. Total anggaran dana pengadaan alat kesehatan RS. Labuang baji tahun 2013 ini sebesar 2.9 Milyar rupiah.

“tim mengkaji spek , spesifikasi dan penentuan harga untuk mengetahui adanya mark up atau tidak, termasuk volume pekerjaan. Misalnya pengadaan 10 barang, apakah 10 barang itu sudah keluar semua atau belum.” ujar Salahuddin

Pada tahap penyelidikan ini, kejaksaan akan memanggil seluruh yang dianggap bersangkutan dengan kasus ini. Tim penyelidik masih berupaya untuk menemukan indikasi perbuatan melawan hukum dari kasus ini, sebelumnya menaikkan status kasus ke penyidikan. (SEN)

Gerinra Sulawesi Selatan