Anggaran Pilkada Sulsel Kurang Lebih Rp 1 Triliun, Timbulkan Pertanyaan

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR – Komite Pemantau Legislatif (Kopel) Sulsel menggelar diskusi terbuka dengan tema “Mahalnya Mencari Pengganti Sang Komandan” di Koffiehuis, Kompleks Pasar Segar, Jalan Pengayoman, Kota Makassar, Jumat (18/11/1016).

Diskusi yang menghadirkan Ketua KIP Sulsel, Aswar Hasan serta A Luhur Prianto SIP, Ketua Jurusan Ilmu Pemerintahan Universitas Muhammadiyah Makassar.

Ketua KIP Sulsel Aswar Hasan mengatakan, dana pelaksanaan pemilihan gubernur yang mencapai angka kurang lebih Rp 1 triliun, memunculkan pertanyaan. Apakah rakyat memang rela dengan hal tersebut? Tentunya juga dengan wakil rakyat di dewan, apakah mereka adalah representasi yang baik terkait hal tersebut?

“Nah, bagaimanapun anggaran yang sekian banyak itu, kan uang rakyat. Kalaupun dikurangi nantinya, apakah tidak ada usaha penghematan,” papar Aswar Hasan.

Sementara itu, Direktur Kopel Sulsel, Musaddaq mengatakan tingginya anggaran tersebut tentunya akan menimbulkan pertanyaan lain terkait seperti apa akuntabilitas penggunaan anggaran tersebut.

“Proyeksi anggaran yang diajukan KPU Sulsel untuk pilgub 2018 itu mencapai Rp 670 miliar, dan itu belum termasuk untuk pilkada di tingkat kabupaten, sementara bawaslu diperkirakan sekitar Rp 300 miliar untuk anggaran, belum lagi dengan anggaran keamanan dari kepolisian,” papar Musaddaq.

Dengan besaran anggaran yang diperkirakan akan mencapai Rp 1 triliun itu, setidaknya Kopel Sulsel berharap hasil yang berimbang dengan sejumlah anggaran yang telah dikeluarkan.(*)

 

PEMKOT-Makassar