Kemenristekdikti Siapkan Terknologi Pertanian Khusus di Sulsel

Ketua Pelaksana Hari Kebangkitnan Teknologi Nasional, Gunawan Yudisiono
Gerinra Sulawesi Selatan

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR – Kementerian Riset Teknologi Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) mengaku memiliki satu teknologi yang akan diterapkan di Sulawesi Selatan khususnya di bidang pertanian.

Ketua Pelaksana Hari Kebangkitnan Teknologi Nasional, Gunawan Yudisiono mengungkapkan, teknologi yang akan diterapkan nantinya mampu memaksimalkan hasil produksi pertanian di Sulsel hingga dua kali lipat.

“Padi satu hektar selama ini satu sampai lima ton kita bisa buktikan sepuluh sampai 12 ton,” terang Gunawan saat ditemui di kantor gubernur Sulsel, Kamis (19/1/2017).

Secara teknis, pihak dari Kemenristekdikti akan melakukan pendampingan terhadap para petani untuk menunjukkan teknologi yang akan diterapkan.

“Teknologi tanamnya kita akan dampingi selama tiga bulan. Benihnya, pupuknya, teknologinya sebenarnya petani semua tau,” imbuhnya.

Kemenristekdikti 2

Dirsktur Jenderal Penguatan Inovasi Kemenristekdikti, Jumain Appe mengatakan, penerapan teknologi dibidang pertanian ini selain meningkatkan produktivitas produksi juga akan meningkatkan pendapatan para petani.

“Selain peningkatan produktivitas produksinya, juga meningkatkan kesejahteraan petani. Kalau sampai lima atau enam ton per hektar, jika dua kali lipat meningkat maka dua kali lipat juga petani penghasilannya,” jelas Jumain.

Rencananya, penerapan teknologi di bidang pertanian ini akan dimulai pada Maret 2017 mendatang. Namun untuk lokasinya, pihak Kemenristekdikti masih menunggu arahan dari Pemrpov Sulsel. (*)

 

Andi Muhammad Fadli