Aliyah Mustika Salurkan Kartu Indonesia Sehat di Makassar

PDAM Makassar

SUARACELEBES.COM,MAKASSAR- Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), Aliyah Mustika Ilham, kembali menunjukkan kepeduliannya sebagai wakil rakyat dengan menyerahkan kartu Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) kepada Penerima Bantuan Iuran (PBI) di Gedung Lamacca, Jl. AP. Pettarani, Minggu 19 Maret 2017.

Sebanyak 200an anggota PBI langsung mendapatkan kartu tersebut dari total 3000an PBI di Kota Makassar. Penyerahan juga dirangkaikan dengan Sosialisasi Program Jaminan Kesehatan Nasional.

IMG_3679

“Ada ratusan ribu kartu yang siap dibagikan di seluruh Indonesia dan ini adalah perjuangan kami bersama teman-teman di komisi IX yang diprioritaskan bagi warga Indonesia yang tidak mampu,” kata legislator Partai Demokrat ini.

Ia menambahkan, PBI merupakan peserta jaminan kesehatan bagi warga tidak mampu yang terdata di dinas Sosial atau yang ditetapkan oleh Pemerintah dan diatur melalui Peraturan Pemerintah.

“Saya dan teman-teman di Komisi IX akan terus memperjuangkan program ini, semoga dapat memberikan manfaat dan tepat sasaran bagi warga. Saya mohon doata’ semua agar kami senantiasa mampu menjalankan amanah dalam memperjuangkan hak rakyat,” kata Isteri Walikota Makassar periode 2004-2014 ini.

Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Makassar, Drg. Unting Patri Wicaksono Pribadi, mengatakan, JKN tidak ada yang gratis, ada yang dibayarkan preminya oleh pemerintah dan ada yang bayar secara mandiri atau perorangan.

“Yang preminya dibayarkan oleh pemerintah adalah mereka warga tidak mampu,” kata Unting.

Pendataan anggota PBI dilakukan oleh RT dan RW setempat, selanjutnya data tersebut dihimpun di kelurahan kemudian dilanjutkan ke Dinas Sosial untuk dikirim ke pusat.

“Waktu pendataannya bisa setiap waktu, segeraki melapor ke RT/RW atau kelurahan, jangan melapor pada saat sakit, karena membutuhkan proses hingga kartunya bisa aktif digunakan,” jelasnya.

Untuk warga yang memiliki kemampuan ekonomi dapat mendaftarkan diri langsung ke kantor BPJS terdekat, tambahnya.

Sekretaris Camat Tamalate, Fahyuddin, dalam sambutannya mengungkapkan rasa syukurnya atas tersalurnya kartu JKN-KIS di wilayahnya.

“Mewakili Camat Tamalate, kami mengucapkan terima kasih atas kepedulian ibu Aliyah. Beliau tidak melupakan warganya dan kita bersyukur ada wakil kita yang duduk di senayan selalu memperjuangkan kita,” ujarnya.(*)

Gerinra Sulawesi Selatan