banner dprd mkassar

PKBM Kader Bangsa Sulsel Galar Ujian Kesetaraan Paket C Setara SMA

pemprov sulsel

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR
Pusat kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) sebagai penyelenggara pendidikan non formal akan melaksanakan Uji Kesetaraan bagi peserta didik kelas akhir pada program pendidikan Paket C.

Kegiatan Uji Kesetaraan tahun 2024 ini adalah kegiatan yg dijadwalkan secara nasional oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

PKBM yg bisa melaksanakan Uji Kesetaraan tahun 2024 ini adalah PKBM yang telah memenuhi syarat yg yg telah ditentukan oleh Kementeri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknolgi, salah satu syarat yg ada adalah PKBM yg telah mendapatkan akreditasi, memiliki perangkat komputer, dan jaringan internet minimal 12 mbps.

Ahmad Pananrang, Ketua DPD Forum PKBM Kota Makassar mengatakan bahwa PKBM yang belum terakreditasi bukan berarti tidak bisa mengikutkan peserta didiknya dalam uji kesetaraan, akan tetapi pkbm yg belum terakreditasi akan mengikuti peserta didik pada lembaga yg telah terakreditasi dengan status pelaksanaan menumpang.

“Sedangkan PKBM yang telah terkreditasi dalam melaksanakan uji kesetaraan statusnya mandiri dan bisa ditumpangi artinya pkbm tersebut di jadikan tempat pelaksaan kegiatan,” ucap Ir. A. Ahmad Pananrang

Lanjut Oneng nama lain dari Ketua Forum PKBM Kota Makassar bahwa Uji Kesetaraan ini dilaksanakan adalah sebagai bentuk penilaian kepada peserta didik sejauh mana pemahaman terhadap pembelajaran yg telah diberikan oleh tenaga pengajar / Tutor selama 1 tahun pelajaran ini.

“Khusus di Kota Makassar ada 28 lembaga PKBM dan 2 SKB yg melaksanakan uji kesetaraan tahun 2024 ini dengan berbagai status pelaksanaan, ada mandir, ada mandiri ditumpangi dan ada menumpang,” jelang Oneng

Salah satu PKBM yg melaksanakan Uji kesetaraan tahun adalah PKBM Kader Bangsa Kota Makassar, dengan ststus mandiri ditumpangi, UK akan dilaksanakan secara online selama 3 hari yaitu pada tanggal 18 s.d 20 Mei 2024 untuk program Paket C setara SMA/SMK/MA. Peserta didik Paket C yg ikut kegiatan UK sebanyak 84 siswa yg dibagi dalam 2 sesi setiap hari, demikian Ketua PKBM Kader Bangsa (Andi Besse Ferial, S.P, M.M)
Pelaksanaan hari pertama ini di pantau lansung oleh Kepala Seksi Manajemen (Dr. Sriyentik), Staf Paud Dikmas, Penilik PNF Dinas Pendidikan Kota Makassar, staf Diknas Prov. Sulsel.

Kabid Paud Dikmas Yasmain , S.Pd, M.Pd memantau pelaksanaan Kegiatan Uji Kesetaraan hari melalui zoom memberi apresiasi dalam pelaksaan kegiatan berjalan tertib dan lancar, serta berharap agar tetap melakukaan koordinasi dengan pihak diknas kota jika terdapat kendala2 teknis yg dihadapi.

Ada beberapa titik tempat pelaksanaan UK diantaranya Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Ujung Pandamg, PKBM Masa Depan, PKBM Merah Putih, PKBM Kader Bangsa. PKBM Kader Bangsa dalam melaksanakan UK tahun ini dengan status mandiri dan ditumpangi. PKBM yang menumpang adalah PKBM Peduli Anak Bangsa (PAB), PKBM Lestari, PKBM Attarim, PKBM Misnar, PKBM Adipira dan PKBM Bina Bahari.(*)

Call Center PU

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *