Presiden Joko Widodo Akan Bentuk Satuan Tugas Sapu Bersih Pungli

 

SUARACELEBES.COM, JAKARTA – Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla terus   memperhatikan sektor hukum. Salah satu gebrakan kebijakan reformasi hokum yang dialakukan adalah berantas pungutan liar.

Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengatakan Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Pungli) yang akan dibentuk Presiden Joko Widodo, akan fokus pada dua hal, yakni penyelundupan dan mafia peradilan.

Pramono mengatakan Presiden Jokowi serius memberantas pungutan liar yang marak terjadi di kementerian atau lembaga pemerintahan. Tujuan  utama Satgas Pungli adalah menekan biaya produksi. Selama ini, ucap dia, masyarakat atau pelaku ekonomi mengeluarkan biaya tinggi akibat adanya pungutan liar.

“Ini jadi gerakan nasional dan dikoordinasikan langsung oleh Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla,” tutur Pramono di kantornya, Rabu, 19 Oktober 2016.

Menurut Pramono, nantinya Satgas Pungli akan diatur dalam peraturan presiden. Peraturan itu, ucap dia, akan segera diteken Jokowi. “Mengenai siapa dan bagaimana kerjanya nanti akan disampaikan,” katanya.

Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan ini yakin pemerintah tidak akan mengabaikan paket kebijakan hukum dengan hadirnya Satgas Pungli. Menurut Pramono, cakupan paket hukum lebih luas dan pemerintah ingin reformasi hukum bisa dirasakan langsung oleh masyarakat.

PEMKOT-Makassar