Capai kekebalan Komunal, Pemerintah Provinsi Gorontalo Gelar Vaksinasi Massal

Pemprov-Sulsel-SC
PDAM MAKASSAR

SUARACELEBES.COM, GORONTALO (Kabupaten Gorontalo), – Akselerasi vaksinasi terus dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Gorontalo dalam upaya mencapai kekebalan komunal. Kali ini Pemprov bekerjasama dengan Polda Gorontalo melaksanakan vaksinasi massal akhir tahun dengan menargetkan 14.000 orang yang dilaksanakan di 45 titik.

Pelaksanaan vaksinasi massal ini dicanangkan Penjabat Gubernur Gorontalo Hamka Hendra Noer bersama Kapolda Gorontalo Irjen Pol Helmy Santika di Halaman Mapolda Gorontalo, Senin (19/12/2022).

“Secara umum ini target pak gubernur dan jajarannya, bahwa kita punya target akselerasi vaksinasi di akhir tahun 2022. Untuk dosis II target kita 70 persen dan booster itu 50 persen. Nah menyambut apa yang disampaikan pak gubernur, kami melaksanakan vaksinasi ini yang memang dipusatkan di Polda tapi juga dilaksanakan di 45 titik di beberapa polres, polsek dan lokasi lainnya,” ujar Kapolda

Helmy menambahkan, bahwa akselerasi vaksinasi akan berjalan sukses apabila terus kolaborasi dan sinergi seluruh pemangku kepentingan dan juga masyarakat. Dengan sinergi, TNI,Polri, Kejaksaan, Binda, Pemerintah Daerah, seluruh stakeholder lainnya ditambah dengan kesadaran masyarakat, target 70 persen vaksinasi tahap II dan 50 persen booster, bukan hal yang mustahil untuk dicapai di Provinsi Gorontalo.

Di tempat yang sama, Penjagub Hamka menyampaikan rasa terima kasihnya atas kekompakan dan kolaborasi Forkopimda utamanya TNI/Polri dalam membantu pemerintah menciptakan herd immunity di akhir tahun. Terlebih menurutnya, Desember ini banyak kegiatan masyarakat, mulai dari rangkaian ibadah Natal dan liburan tahun baru yang berpotensi bisa saja menimbulkan lonjakan Covid-19, meski saat ini kasus covid-19 sudah mulai melandai.

“Saya kira kami atas nama pemerintah sangat bersyukur kepada Forkopimda yang terus bersinergi berkolaborasi. Hari ini khususnya kepada pak Kapolda dan jajarannya. Mudah – mudahan target 14.000 ini bisa dicapai untuk menutup tahun 2022 ini, sehingga yang diharapkan pemerintah pusat bisa selaras dengan capaian yang dilakukan Pemerintah Gorontalo,” harapnya

Untuk merangsang warga yang hadir, Polda dan Pemprov Gorontalo menyediakan sembako kepada masyarakat usai di vaksin. Sembako yang diserahkan berupa beras masing – masing 5 Kg, gula 1 Kg, konsumsi makanan siap saji, serta mobilitas pengangkut masyarakat yang divaksin.

Data Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo menyebut hingga Senin 18 Desember 2022 cakupan vaksinasi dosis I di Provinsi Gorontalo sudah di angka 82,84 persen dari total sasaran 1.055.209 jiwa. Dosis II sebesar 62,93 persen dan dosis III 21,45 persen.

Sementara vaksinasi untuk lansia dosis I yakni 71,66 persen, dosis II 50,09 persen dan dosis III 12,70 persen. Anak anak dosis I sebesar 65,04 persen dan dosis II 40,98 persen.(*)

Pangkep SC