Bola Soba’ Terbakar, Ini Tanggapan Tokoh Pemuda Bone

Pemkot Makassar SC
BAPENDA Makassar SC

SUARACELEBES.COM, BONE – Bola Soba’, rumah adat kerajaan Bone yang terletak di jalan Latenritatta, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, terbakar pada Sabtu dini hari (20/3/2021).

Hingga kini pihak kepolisian masih melakukan penyelidikan mengenai penyebab kebakaran.

Salah seorang tokoh pemuda Bone, Andi Fadli mengatakan bahwa terbakarnya Bola Soba’ ada duka bagi seluruh masyarakat Bone. “Bola Soba’ itu salah satu simbol kebesaran, simbol kebanggaan dan simbol pemersatu bagi kita semua masyarakat Bone,” terang mantan ketua KEPMI Bone ini.

Menurut dosen di salah satu perguruan tinggi negeri ini, selain menunggu hasil penyelidikan pihak kepolisian, sebaiknya pemerintah dan pihak lainnya segera bergerak cepat. “Pemerintah provinsi dan
Pemerintah Kabupaten Bone sebaiknya segera duduk bersama membahas rencana perbaikan Bola Soba’,” usul putra kelahiran Bone yang telah malang melintang di sejumlah media nasional tersebut.

Andi Fadli bahkan mengagas gerakan penggalangan dana untuk membantu biaya renovasi Bola Soba’. “Semoga ide ini bisa terwujud. Saat ini saya tengah berkoordinasi dengan adik-adik dan sejumlah organisasi kepemudaan di Bone terkait ide tersebut,” paparnya.

Bola Soba’, dibangun pada masa pemerintahan Raja Bone ke-31, La Pawawoi Karaeng Sigeri MatinroE ri Bandung (1895-1905).

Bola Soba’ juga disebut Saoraja karena diperuntukkan sebagai kediaman raja pada waktu itu.

Pada masa pemerintahan Raja Bone ke-32 La Mappanyukki Sultan Ibrahim MatinroE ri Gowa tahun 1931-1946, Bola Soba’ difungsikan sebagai istana sementara Raja Bone.(*)

Perumda Parkir Makassar
Pangkep SC