Tahanan Begal Kabur, Kasipidum Kejari Makassar Diminta Mundur Dari Jabatannya

Kasi Pidana Umum Kejari Makassar, Andi Usama
Gerinra Sulawesi Selatan

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR-Kepala Seksi Pidana Umum (Kasi Pidum) Kejaksaan Negeri (Kejari) Makassar, Andi Usama dinilai harus bertanggungjawab atas kaburnya tahanan kasus begal bernama Jufri beberapa waktu yang lalu.

Wujud dari pertanggungjawaban tersebut adalah mundur dari jabatannya saat ini. “Kalau dia memang kesatria, pasti mundur dari jabatannya. Ini sebuah kesalahan besar, tahanan kabur,” tegas Direktur Anti Corruption Committee (ACC) Sulawesi Abdul Muthalib

Muthalib mengatakan, ACC mencatat selama periode masa kepemimpinan Usama sudah dua kali catatan buruk yang terjadi pada bidang tindak pidana umum. Diantarana tahanan kabur ini serta sebelumnya tahanan nyabu di ruang tahanan.

Catatan tersebut, lanjut Muthalib belum ditambah dengan aksi mogok petugas pengawal tahanan lantaran honor mereka dipotong serta menunggak.

Sejumlah catatan inipun menjadi residen buruk bagi Usama sebagai Kasi Pidum yang dinilai tidak mampu mengayomi petugasnya sehingga terjadi berbagai kesalahan fatal tersebut.

“Kalau hak seseorang tidak diberikan tidak mungkin akan bekerja baik. Ini harus menjadi perhatian pimpinan kejaksaan di Kejati,” tambah Muthalib lagi.

Sementara itu terpisah terkait tindakan disiplin atas kaburnya tahanan, Asisten Bidang Pengawasan (Aswas) Kejati Sulsel, Heri Jerman mengatakan tindakan itu hanya mencakup Jaksa Penuntut Umum (JPU) Emilia Fitriani bersama dengan petugas pengawal tahanan Kejari Makassar saja.

Namun bisa meluas ke Kasi Pidum Kejari Makassar, Andi Usama serta Kepala Kejari Makassar, Dicky Rachmat Raharjo.

“Pastilah akan saya minta keterangan, jaksanya, petugas pengawal tahanan, dan pihak2 terkait. Tunggu aja,” tukas Heri.

Heri mengatakan hingga saat ini pemeriksaan masih terus berlangsung dan segera merujuk ke kesimpulan. Namun demikian, Heri berharap publik bersabar dan tidak tergesa-gesa menyalahkan seseorang sembari tetap memantau kasus kaburnya tahanan ini.

Data yang dihimpun, tahanan kasus begal bernama Jufri melarikan diri usai sidang di PN Makassar. Ia kabur ketika akan digelandang ke ruang tahanan sementara Kejari Makassar

Andi Muhammad Fadli