Ringankan Vonis IAS, KPK Kaji Putusan MA

 

SUARACELEBES.COM, ,Mahkamah Agung (MA) telah memutuskan  meringankan  vonis mantan Wali Kota Makassar, Ilham Arief Sirajuddin dari  6 tahun menjadi  4 tahun penjara.  Terkait hal ini KPK akan mengkaji putusan yang meringankan masa hukuman IAS menjadi 4 tahun.

“Kami menghormati apa yang jadi putusan MA. Tapi kami juga melakukan analisa mengapa hukumannya berkurang‎,” Kata Plt. Jubir KPK Yuyuk Andriati Iskak, melalui via telpon Kamis (20/11/2016).

Seperti diketahui dalam kasus ini, Ilham divonis 4 tahun penjara dan denda Rp 150 juta oleh Hakim Pengadilan Tipikor Jakarta dalam kasus dugaan korupsi pelaksanaan kerja sama rehabilitasi dan transfer kelola air di PDAM Makassar.

Tidak terima dengan putusan IAS hanya 4 tahun KPK mengajukan banding ke Pengadilan Tinggi DKI. Hasilnya, vonis bertambah menjadi 6 tahun. IAS lalu mengajukan kasasi ke MA dan masa hukumannya menjadi 4 tahun dan denda 175 juta rupiah

Sementara itu melalui kuasa hukum IAS, Robinson, saat ini pihak IAS bersama keluarga tengah berfikir untuk mengajukan upaya peninjauan kembali (PK) . Pihak tim penasehat hukum berharap, IAS mau melakukan upaya PK dengan menghadirkan nofum dihadapan Mahkamah Agung.

“kita berharap IAS mau mengajukan PK, karena putusan PK cuma dua, yakni dikabulkan atau ditolak. Jadi tidak akan mempengaruhi vonisnya. Akan tetapi semua tergantung pada IAS dan keluarga.” Jelas Robinson melalui sambungan telpon Suaracelebes.com.

PEMKOT-Makassar