Jokowi Akan Pangkas Birokrasi dan Pejabat yang Tidak Menjamin tercapainya Progam Akan Dicopot

Gerinra Sulawesi Selatan

SUARACELEBES.COM, JAKARTA Percepatan pembangunan Infrastruktur masih bagian dari program prioritas Presiden Jokowi dalam lima tahun kedepan. tak hanya masalah pembangunan penyederhanaan birokrasi juga akan dilakukan, menurutnya birokrasi yang panjang harus kita pangkas.

Hal itu disampaikan Jokowi dalam pidato pertamanya sebagai Presiden RI 2019-2024 saat sidang paripurna MPR di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Minggu (20/10/2019)

“Penyederhanaan birokrasi harus terus kita lakukan besar-besaran. Prosedur yang panjang harus dipotong, Birokrasi
yang panjang harus kita pangkas,” tegas Jokowi

Penyederhanaan birokrasi ini kedepan dilakukan dengan memangkas tingkatan eselon menjadi dua level. “Eselonisasi harus disederhanakan. Eselon I, eselon II, eselon III, eselon IV, apa tidak kebanyakan? Saya minta untuk disederhanakan
menjadi 2 level saja, diganti dengan jabatan fungsional yang menghargai keahlian, menghargai kompetensi,” jelas Orang nomor satu di Indonesia itu dalam pidatonya

Jokowi juga minta kepada para menteri, para pejabat dan birokrat, agar serius menjamin tercapainya tujuan program pembangunan. Bagi yang tidak serius,  akan diberi sanksi.

“Bagi yang tidak serius, saya tidak akan memberi ampun. Saya pastikan, pasti saya copot,” ucapnya

Andi Muhammad Fadli