Amin Syam Harap Pelti Pangkep Lahirkan Petenis Berprestasi

Gerinra Sulawesi Selatan

SUARACELEBES.COM, PANGKEP – Ketua Persatuan Tenis Indonesia Sulawesi Selatan (Pelti) Sulsel, HM Amin Syam berharap pengurus Pelti Pangkep bisa melahirkan petenis berprestasi di kancah nasional mewakili Sulawesi Selatan.

Harapan mantan Gubernur Sulsel itu disampaikan saat melantik pengurus cabang Pelti Kab, Pangkep periode 2020-2025, di ruang pola kantor bupati Pangkep, Minggu (20/12). “Saya berharap kepengurusan ini bisa menghasilkan petenis Sulsel lahir dari Pangkep,” tegas Amin Syam.

Hadir pada pelantikan itu di antaranya, Wakil Bupati Pangkep Syahban Sammana, Ketua DPRD H. Haris Gani, Kajari Pangkep Surasbiono, Dandim 1421, dan Kapolres Pangkep. Turur hadir pengurus Pelti Provinsi Prof Hamsu Gani, serta Ketua KONI Pangkep H. Arfan Tualle.
Tetapi, kata dia, untuk melahirkan petenis tentu butuh waktu dan perjuangan. “Peran sekolah dan orangtua di rumah sangat menentukan. Kita harus dekati mereka, terutama sekolah dasar,” kata Amin.

Di tingkat sekolah dasar, menurut Amin, merupakan sumber bibit-bibit unggul petenis bisa dilahirkan. Mereka harus didekati, termasuk orangtua mereka di rumah. “Sebab, kalau hanya pihak sekolah yang didekati, itu juga sulit tercipta kalau orangtuanya tidak mendukung,” terang Amin.

Selain itu, Amin juga berharap pengurus Pelti harus bersinergi dengan pemerintah daerah. Tanpa dukungan pemerintah, kata dia, organisasi akan sulit berjalan optimal, termasuk dalam setiap event yang digelar.

Wakil Bupati Pangkep Syahban Sammana memberikan dukungan besar kepada pengurus Pelti. Dia juga berharap sama dengan Amin Syam, agar Pelti bisa menghasilkan petenis yang mengharumkan nama baik daerah. “Kami berharap Pangkep bisa menyumbangkan emas pada Porda mendatang. Tentu itu kita harapkan bisa lahir dari lapangan tenis Pangkep. Bukan atlet sewaan,” ujarnya.

Syahban yang kembali terpilih menjadi wakil bupati periode kedua ini juga menekankan pembangunan sarana olahraga yang saat ini terus dikebut di dua tempat di Pangkep. “Indoor itu kita harapkan bisa rampung secepatnya,” ujarnya.

Ketua Pelti Pangkep periode 2020-2025, Silahuddin Genda menyatakan, amanah ini sebagai sebuah tantangan yang cukup berat, seiring tututan untuk bisa menyumbangkan prestasi yang membanggakan di tingkat daerah maupun nasional.

Pelantikan pengurus ini juga, kata dia, menjadi momentum untuk menjadikan Pelti Pangkep sebagai ruang untuk melahirkan atlet-atlet berprestasi. Tidak hanya di tingkat daerah, tetapi juga di tingkat nasional.
Dalam meraih prestasi itu, menurut jurnalis senior ini, tiga program perlu diprioritaskan dalam kepengurusan ini, di antaranya, mengaktualkan olahraga tenis lapangan di tengah masyarakat, melalui kegiatan-kegiatan supaya tenis dikenal masyarakat luas.

“Khususnya kepada calon-calon pemain junior dengan mendatangi sekolah-sekolah,” katanya.\
Selain itu, pentingnya regenerasi; Menjadikan Pelti Pangkep sebagai salah satu inspirasi bagi Pelti yang lain, untuk melahirkan banyak pemain junior. “Regenerasi ini meliputi pembibitan, pembinaan sekaligus prestasi. Pelti dijadikan wadah untuk mencari bibit unggul, pembinaan yang terstruktur, dan membantu roadmap_ atlet untuk meraih kesuksesan yang lebih tinggi,” terangnya.

Sedangkan program revitalisasi: yakni berupaya membantu mendorong pemerintah merevitalisasi tempat-tempat yang biasa digunakan untuk latihan tenis. (*)

 

Andi Muhammad Fadli