Akbar Faisal Diskusi Kebangsaan Bareng Badko HMI Sulselbar.

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR – Badan koordinasi (Badko) Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Sulselbar menggelar Diskusi Kebangsaan di Ballroom Hotel Gahara Makassar.

Diskusi ini bertajuk ‘Revitalisasi Nilai Pancasila dalam Kehidupan Generasi Muda bangsa’. Menghadirkan Empat orang narasumber sebagai pemateri. Dmereka masing-masing, Anggota DPR RI Akbar Faisal, Kolonel Sutikno Sulaiman, Pengamat politik UIN Sabri AR, serta Ketua KNPI Sulsel Mizar Roem.

Sutikno Sulaiman yang juga sebagai narsumber dari Kodam VII Wirabuana berharap peran pemuda untuk menjadi garda terdepan dalam menjaga pluralisme. Termasuk berperan dengan memahami perbedaan sebagai Negara kesatuan repoblik Indonesia.

Sementara itu, politisi Nasdem Akbar Faisal mengatakan, salah satu cara merevitalasi nilai pancasila melalui organisasi. Organisasi dianggap bisa menjadi teladan sekaligus pengingat bagi semua lapisan masyarakat, khususnya bagi kaum pemuda.

“Beberapa tugas organisasi yaitu selalu menjadi pengingat, menjadi bagian dari solusi atas permasalahan di daerah. Teladan organisasi yang mengimplementasikan pancasila secara konsisten,” kata Akbar Faisal dalam pemaparannya.

Ketua Umum HMI Badko SulSelBar Taufiq Husaini sendiri menjelaskan, jika kegiatan ini menjadi upaya menghidupkan roh pancasila sebagai dasar berbangsa dan bernegara. Kalangan anak muda dianggap penting untuk selalu ambil bagian menjaga keberagaman.

“Diskusi ini dalam rangka memperingati hari kesaktian pancasila pada 1 Oktober lalu. Sekaligus menyambut hari sumpah pemuda,” jelas Taufiq. (SO)

PEMKOT-Makassar