Ilham Arief Sirajuddin Dapat Keringanan 2 Tahun Dari Mahkamah Agung

Ilham Arief Sirajuddin ( Mantan Walikota Makassar ) di vonis 4 tahun penjara oleh Mahkamah Agung Republik Indonesia.

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR –  Mahkamah Agung (MA) akhirnya menjatuhkan vonis 4 tahun penjara dengan denda sebesar Rp. 175 juta subsider 1 tahun kurungan kepada Eks Walikota Makassar, Ilham Arief Sirajuddin (IAS). Vonis yang dijatukan kepada walikota dua periode di kota Makassar ini lebih ringan 2 tahun daripada putusan hakim di Pengadilan tingkat II.

IAS sebelumnya dijatuhi hukuman 6 tahun penjara dengan denda sebesar 150 juta rupiah di Pengadilan Tinggi DKI Jakarta. Ia kemudian mengajukan banding ke Mahkamah Agung dan akhirnya masa hukumannya kembali menjadi 4 tahun.

“putusannya memperbaiki putusan pengadilan tinggi dengan penjara 4 tahun dan denda 175 juta rupiah subside 1 tahun kurungan.” Ujar Juru Bicara Mahkamah Agung, Hakim Agung Suhadi.

Sementara itu, saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon, Penasehat Hukum Ilham Arief Sirajuddin, Aliyas Ismail menyatakan baru mengetahui adanya putusan tersebut. Ia mengaku baru akan mengkonfimasi tim yang sedang berada di Jakarta.

“saya malah baru tahu dek, saya konfirmasi dulu ke jakarta yah”. ujar Aliyas

Ilham dianggap bersalah karena telah menyalahgunakan wewenangnya sebagai walikota, dalam kasus korupsi kerjasama rehabilitasi, operasi dan transfer (ROT) Instalasi Pengelolahn Air (IPA) II PDAM Kota Makassar.

Seperti diketahui, bahwa IAS ditahan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sejak awal juli 2015 lalu, sehingga berdasarkan putusan yang dikeluarkan oleh MA dan telah berkekuatan hukum atau Inkrah ini, maka IAS sisa menjalani hukumannya kurang lebih 2 tahun lagi. (SEN)

PEMKOT-Makassar