Hukuman Diringankan MA, IAS Tak Perlu Bayar Uang Pengganti 4 Milyar

Ilham Arief Sirajuddin ( Mantan Walikota Makassar )

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR – Salah satu amar putusan pengadilan tinggi DKI Jakarta terhadap kasus korupsi yang melibatkan mantan walikota Makassar, Ilham Arief Sirajuddin ialah adanya uang pengganti sebesar 4 Milyar rupiah. Putusan ini kemudian, dibantah dengan adanya putusan yang dikeluarkan oleh Mahkamah Agung Republik Indonesia, melalui pengajuan kasasi yang dilakukan Ilham Arief Sirajuddin (IAS) yang akrab disapa Aco.

Penasehat Hukum IAS, Robinson menerangkan bahwa dalam putusan MA disebutkan bahwa beban uang pengganti sebesar 4 Milyar tidak dibebankan kepada Ilham lagi. Kliennya hanya perlu membayar denda sebesar 175 juta rupiah.

“soal uang pengganti 4 milyar, pak ias tidak lagi dibebankan untuk mengganti. Ia hanya perlu membayar denda 175 juta rupiah. “ ucap Robinson melalui via telepon kepada suaracelebes.com

Melalui robinson pula diketahui bahwa, saat ini pihak IAS bersama keluarga tengah berfikir untuk mengajukan upaya peninjauan kembali (PK) . Pihak tim penasehat hukum berharap, IAS mau melakukan upaya PK dengan menghadirkan nofum dihadapan Mahkamah Agung.

“kita berharap IAS mau mengajukan PK, karena putusan PK cuma dua, yakni dikabulkan atau ditolak. Jadi tidak akan mempengaruhi vonisnya. Akan tetapi semua tergantung pada IAS dan keluarga.” Jelas Robinson.

Dalam kasus ini, Ilham dinyatakan terbukti bersalah melakukan tindak pidana korupsi sebagaimana dalam pasal 3 juncto pasal 18 UU Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dalam UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.  Mahkamah Agung kemudian mengabulkan permohonan kasasi yang diajukan IAS dan menjatuhkan vonis 4 tahun penjara denda sebesar Rp. 175 juta rupiah subsider 1 tahun kurungan. (SEN)

PEMKOT-Makassar