Abaikan Peringatan, ATM Swiss Belhotel Milik Jentang Dibongkar Paksa

Petugas Dinas Tata Ruang dan Bangunan Kota Makassar saat melakukan pembongkaran bangunan ATM milik hotel swiss bel, Jl Pasar Ikan, Kamis 20 Oktober 2016. (ist)

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR – Petugas Dinas Tata Ruang dan Bangunan (DTRB) Kota Makassar terpaksa melakukan pembongkaran Anjungan Tunai Mandiri (ATM) yang berdiri di halaman Swiss Belhotel Makassar, Jalan Pasar Ikan Makassar, Kamis, 20 Oktober.

Pembongkaran ATM ini dilakukan karena letak bangunan dianggap menghalangi akses jalan serta  lokasi pembangunannya masuk sebagai daerah rayland yang menurut aturan tidak diperbolehkan adanya bangunan yang berdiri di atas lahan tersebut.

Pembongkaran ini dibenarkan oleh Kepala Dinas Tata Ruang dan Bangunan Kota Makassar, Ahmad Kafrawi. “kita baru bongkar dinding depannya, karena ada mesin atm di dalam”. tugas Ahmad Kafrawi.

Melalui Ahmad Kafrawi juga diketahui bahwa pemilik serta pengelola hotel telah diberikan peringatan sebanyak dua kali, bahkan pernah mendapatkan panggilan langsung ke kantor dinas, namun tidak diindahkan.

“Atas perintah pimpinan kita bongkar. Kami sudah menegur kepada pengelola tetapi tidak digubris,” ujarnya lagi.

Kafrawi selanjutnya mengatakan telah melayangkan surat peringatan secara tertulis kembali agar pengelola membongkar sendiri bangunan tersebut secara menyeluruh. Permintaan pembongkaran bangunan itu juga telah ditembuskan kepada bank yang ada di bangunan ATM tersebut yakni Bank Mandiri dan BRI.

Sementara itu, saat di konfirmasi melalui kuasa hukum pemilik hotel Soedirjo Aliman alias Jeng Tang, Onni Ricardi mengaku tidak mengetahui perihal pembongkaran ATM di hotel milik kliennya. “Saya tidak tahu dek, karena sedang di luar kota,” singkatnya. (SEN)

PEMKOT-Makassar