Pengamat : Pelanjut La Tinro Pikul Beban Berat

La Tinro Latunrung (tengah) saat menggelar konferensi pers terkait mundurnya dari gerindra beberapa waktu lalu. (int)

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR – Keberhasilan La Tinro Latunrung memimpin Gerindra Sulsel dengan menempatkan Gerindra menjadi peraih suara terbanyak ke tiga dalam pileg 2014 lalu, Bakal memberikan beban berat terhadap pelanjutnya sebagai ketua DPD Gerindra.

Pengamat politik dari Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar, Adi Suryadi Culla mengatakan, pelanjut La Tinro memiliki tantangan tersendiri untuk mewujudkan kepemimpinan solid. Ketua partai disebut bukan hanya sekadar simbol, dilihat dari segi posisi formal tapi dari kemampuan secara administrasi memimpin partai.

Adi Suryadi Culla, pengamat politik Universitas Hasanuddin. (fb)
Adi Suryadi Culla, pengamat politik Universitas Hasanuddin. (fb)

“Harus ada pengalaman politik yang teruji, reputasi politik matang. Itu lepas dari internal atau eksternal,” ujar Adi Culla.

Figur eksternal seperti Ichsan Yasin Limpo saat ini diwacanakan bakal menggantikan posisi La Tinro. Sementara dari kalangan ekaternal muncul tokoh Sulsel yang saat ini di DPR RI seperti Azikin Sholtan, Andi Nawir, dan Iwar Darmawan Aras.

Mundurnya La Tinro Latunrung dari kursi Ketua DPD Gerindra Sulsel dinilai sebagai bentuk kekecewaan terhadap partai bentukan Prabowo Subianto tersebut. Mantan Bupati Enrekang dua periode tersebut selama memimpin tak mendapat keuntungan. Meski sudah berhasil membawa Gerindra sebagai salah satu partai yang cukup disegani di Sulsel.

“Memang agak mengejutkan, La Tinro ketua partai yang menurut saya berhasil. Dibanding ketua partai sebelumnya, dia terlihat lebih berhasil kelolah partai dari keberhasilannya dipileg dan pilkada,” ucapnya

Saat jumpa pers beberapa hari lalu, La tinro mengaku jika calon penggantinya bukan dari calon eksternal melainkan calon internal Gerindra Sulsel sendiri. Penjelasan La Tinro sebagai isyarat kepada calon eksternal yang ingin merebut kursi ketua DPD Gerindra Sulsel untuk mengurungkan niatnya. Sebelumnya nama Ichsan Yasin Limpo santer diisukan akan menggantikan La tinro dipucuk ketua DPD Gerindra Sulsel. (SO)

PEMKOT-Makassar