Tersangka Korupsi Penjualan Aset Takalar Bertambah Menjadi Tiga Orang

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR – Setelah penetapan kepala kecamatan mangngarabombang, Noor Uthary, sebagai tersangka dalam kasus dugaan korupsi penjualan aset berupa tanah di Kabupaten Takalar, Kecamatan Mangngarabombang, desa laikang, Tim Penyidik Kejaksaan Tinggi Sulselbar kembali menetapkan dua tersangka lain, yang diduga ikut bertanggungjawab dalam kasus ini. Dua tersangka ini, yakni kepala desa laikang bersama sekretaris desanya.

Kasi Penerangan Hukum, Kejati Sulselbar, Salahuddin merinci bahwa kedua oknum aparatur desa ini dianggap bekerjasama dengan kepala camat untuk menerbitkan alas hak atas nama warga, kemudian menjualnya kepada pengusaha. Sementara daerah yang dijual ini, merupakan area pencanangan transmigrasi yang bahkan telah terdaftar di Kementrian Desa, Pembangunan daerah tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia.

“tiga tersangka ini bekerjasama untuk mengurus penerbitan dokumen berupa hak guna bangunan, sporadik , dan ajb untuk warga agar bisa menerima dana ganti rugi dari pengusaha yang membeli lahan tersebut.” rinci Salahuddin

Area transmigrasi ini berada di desa laikang dan punaga, Kabupaten Takalar dengan luas kurang lebih 2000 hektare. Tim penyidik berhasil mengendus perbuatan melawan hukum yang dilakukan oleh oknum pejabat di Kabupaten Takalar karena melalui penyelidikan intelegen diketahui bahwa 150 hektare diantaranya telah dikuasai oleh PT Karya Insan Cirebon, dengan membeli lahan tersebut sebesar 16 Milyar rupiah.

Salahuddin menegaskan, bahwa penyidikan kasus ini tidak hanya pada tiga tersangka yang telah ditetapkan. Ia menggaransi bahwa otak ataupun yang mempengaruhi proses penjualan lahan ini, akan diseret.

“perkara masih di dalami, yang jelas siapapun yang menjadi otak dan ikutserta mempengaruhi proses penjualan aset tersebut, yakini saja pasti tersangka.” tegas Salahuddin

Terkait pemeriksaan ketiga tersangka, Salahuddin menerangkan bahwa tim tengah menjadwalkan pemeriksaan selanjutnya. (SEN)

PEMKOT-Makassar