Tiga Kasus Korupsi Pare-Pare Dihentikan, ACC Surati Kejari Pare-Pare

Staf Badan Pekerja ACC Sulawesi , Hamka (int)

Tiga Kasus Korupsi Pare-Pare Dihentikan, ACC Surati Kejari Pare-pare
SUARACELEBES.COM, MAKASSAR – Anti Coruption Committee (ACC) Sulawesi mengirimkan permintaan salinan Surat Pemberitahuan Pemberhentian Penyidikan (SP3) kepada Kejaksaan Negri Kota Pare-Pare, setelah melakukan pemberhentian tiga kasus dugaan korupsi secara bersamaan. Kejari Pare-Pare menghentikan penyidikan kasus dugaan korupsi sapi bunting, gerobak jilid I dan penerangan jalan umum (PJU).

Dalam lampiran surat ACC Sulawesi disebutkan bahwa penghentian ketiga kasus yang dilakukan secara bersamaan ini menimbulkan pertanyaan, pasalnya di setiap kasus telah ada tersangka yang ditetapkan. Selain itu, tiga kasus ini juga masuk sebagai deretan kasus mandek yang ditangani kejaksaan negri pare-pare.

Staf badan pekerja ACC Sulawesi, Hamka menyatakan bahwa penghentian kasus ini juga membuktikan lemahnya penegakan hukum, utamanya dalam hal penanganan korupsi. Dihentikannya kasus-kasus ini juga dinilai sebagai bentuk kekalahan kejaksaan oleh para koruptor.

“sp3 kasus korupsi merupakan bentuk kekalahan penegak hukum terhadap koruptor, kejari pare-pare kalah sebelum bertanding”. Ujar Hamka

Sementara itu, laporan mengenai penghentian kasus ini juga telah masuk ke Kejaksaan Tinggi Sulselbar dan tengah dipelajari alas an penghentian kasus tersebut. Hal ini dibenarkan oleh Kasi Penerangan Hukum Kejati Sulselbar, Salahuddin.

“untuk sementara, saya hanya bisa membenarkan bahwa ada laporan mengenai pengentian kasus di kejari pare-pare. Saat ini pihak kita sedang mempelajari alas an penghentiannya.” Kata Salahuddin.
Sebelumnya diketahui bahwa Kejaksaan Negri Pare-Pare menghentikan penyidikan terhadap tiga kasus korupsi dengan alasan adanya pengembalian kerugian Negara. (SEN)

PEMKOT-Makassar