Pemkab Gowa Kembali Bangun Bendungan Besar, Tenggelamkan 4 Desa

Adnan Purichta Ichsan, Bupati Gowa (int)

SUARACELEBES.COM, GOWA – Pemerintah Kabupaten Gowa akan kembali  membangun  bendungan besar, realisasi pembangunan ini rencannya mulai berlangsung pada tahun 2017 mendatang.

Rencanana pembangunan Bendungan bernama Jenelata ini, diungkapkan Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan, Kamis (27/10/2016)  Sebelumnya Pembangunan ini sudah dibicarakan bupati Gowa bersama kementerian pekerjaan umum di Jakarta.

“Pertemuan saya baru-baru ini diputuskan agar pembangunan Bendungan Jenelata dipercepat menjadi tahun 2017 dari rencana semula tahun 2019. Sehingga diperkirakan akan selesai tahun 2021,” tutur Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan.

Bendungan ini akan dibangun di Kecamatan Manuju di sekitar daerah bendungan Bili-bili. Bendungan dengan luas 2.200 hektere ini akan menenggelamkan empat desa setempat.

Bendungan Jenelata yang akan memenuhi kebutuhan air bagi warga Gowa. Sedikit berbeda dengan bendungan Bili-bili yang diperuntukkan untuk warga Makassar dan Maros.Begitu pun dengan Bendungan Karangloe yang saat ini masih dalam tahap pembangunan diperuntukkan bagi kebutuhan warga Takalar dan Jeneponto.

Adnan Mengatakan Kementerian Pekerjaan Umum meminta kepada pihak Pemkab untuk memberi jaminan tidak ada masalah dengan lahan di lokasi pembangunan.

“Saya sudah meminta agar dibuat tim investigasi untuk menelusuri kepemilikan lahan di daerah itu, sehingga nantinya ketika proses pembangunan di tahun depan sudah tidak ada masalah lagi,” jelas Adnan.

PEMKOT-Makassar