Ini Pesan RMS Di Hari Sumpah Pemuda

Ketua DPW Nasdem Sulsel, Rusdi Masse. (dok)

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR – Pada tahun 2008, H.Rusdi Masse ketika itu terpilih sebagai bupati termuda di Indonesia, baru berusia 35 tahun. Tekadnya  untuk bangkit dan selalu melakukan perubahan dalam kehidupannya mengantarkan RMS menjadi pemimpin termuda diera nya. Ia bukan berasal dari keluarga kaya raya dan politikus, ia adalah pemuda Sidrap yang sukses mengubah nasibnya melalui kerja keras, pantang menyerah dan jujur.

88 tahun  Sumpah Pemuda bagi RMS bukanlah sekedar memperingati begitu saja apalagi memaknai dengan sebuah kata dan kalimat. Bagi RMS, sumpah pemuda adalah bagaimana para pemuda sukses menjadi dirinya sendiri. “Pemuda itu harus berani dan sukses merubah dirinya menjadi yang terbaik bagi keluarga dan masyarakat di sekitarnya”, pesan RMS.

Era sekarang menurut RMS sangat berbeda dengan zaman dulu. Sekarang ini untuk meraih sukses sangatlah susah, penuh tantangan. Dan dibutuhkan sebuah keberanian termasuk berani keluar dari zona nyaman. “Maka satu satunya prinsip yang harus kita maknai adalah bahwa pemuda itu harus memiliki prinsip perubahan. Anda mau berubah gak? Kalau mau berubah, ayo mulai dari sekarang. Minimal yakinkan diri sendiri bahwa saya harus melangkah jauh ke depan”, pinta RMS.

Disetiap forum-forum diskusi, seminar dan dialog kepemudaan, RMS memang selalu menantang para pemuda untuk melakukan perubahan. Seperti saat menjadi narasumber disebuah acara inspiratif di Parepare. Ketua DPW Partai nasdem Sulsel ini mengajak pemuda pada saat itu untuk tidak sekedar menjadi anak buah atau karyawan.”jangan takut keluar dari zaman. Kalian harus punya prinsip bahwa saya harus menjadi bos atau pimpinan”, pintanya.

RMS selalu menceritakan kisahnya di saat masih muda, yang benar-benar bekerja mulai dari nol. “Saya pernah jadi sopir truk dan buruh.Tapi saya tidak pernah malu karena tekadku adalah selalu sukses”; cerita RMS.

Pada akhirnya RMS berpesan bahwa untuk saat  ini pemuda pemudi mau tak mau harus memiliki prinsip perubahan. “Makna sumpah pemuda saat ini adalah setiap gerak dan langkah adalah perubahan. Bangsa butuh pemuda yang mempunyai pemikiran perubahan”, Pungkasnya.(SO)

PEMKOT-Makassar