PDIP Makassar Latih Kader Muda

DPD PDI Perjuangan Sulsel, saat memberi pelatihan kader pratama di kab. Pinrang. (int)

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kota Makassar menggelar pendidikan kader tingkat dasar atau pratama. Pelatihan ini demi memperkuat kemampun kader untuk mengerti filosofi partai dan persiapan menghadapi event politik.

Sekretaris PDIP Sulsel Rudi Pieter Goni mengatakan, kader lulusan pratama nantinya akan diikutkan pada pelatihan tingkat madya di DPD, dan tingkat utama di DPP. “Ini agar kader bisa bekerja sesuai arah perjuangan partai,” kata Rudi kepada wartawan di Makassar.

Wakil ketua PDIP Sulsel Iqbal Arifin mengatakan, pendidikan kader dari tingkat bawah adalah bentuk konsistensi sebagai partai kader. Proses kadernisasi dilakukan secara berjenjang.

“Kader harus paham idiologi pancasila, trisaksi, revolusi mental, dan bagaimana cara berfikir Bung Karno, khususnya kemasyarakatan dan kebangsaan,” kata Iqbal.

Partai berharap kader tidak menjadi oportunis dalam berpartai. Partai juga disebut akan menggelar kegiatan debat dan diskusi kebangsaan.

“Jadi bukan sekadar iseng dalam berparpol. Haris tahu hak dan kewajiban sesuai ketentuan partai,” ujarnya.

Sementara itu, ketua PDIP Makassar Bahar Mahmud menjelaskan jika pelatihan serupa akan digelar dalam 4 tahap, mengingat jumlah peserta yang banyak, sehingga perlu pembagian waktu. Agar para kader bisa lebih terkontrol dan maksimal dalam menerima pelatihan. “Total ada 500 peserta akan ikut pelatihan pratama ini,” pungkas Bahar.(SO)