Khawatir Bencana, DPRD Sulsel Finalisasi Ranperda Pengendalian Lahan Kritis

Muhammad Rajab, Anggota DPPD Sulsel Fraksi Partai Nasdem.

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR – Untuk mencegah bencana dan pemamfaatan lahan kritis. DPRD Sulsel menggenjot pembahasan pansus Ranperda Pengendalian Lahan Kritis. Ranperda ini pun sudah memasuki  tahapan finalisasi.

Ketua Pansus Ranperda Pengendalian Lahan Kritis, Muh Rajab mengatakan, pembahasan ditingkat pansus telah selesai. Proses selanjutnya disebut adalah konsultasi dengan pemerintah pusat.

“Tinggal konsultasi kepada Kemendagri sebelum pengesahan. Kita tunggu apakah ada hal perlu dikoreksi atau diperbaiki,” kata Rajab.

Politisi Partai Nasdem ini menjelaskan, dari dari Dinas Kehutanan mencatat Sulsel memiliki sekitar 520 ribu hektare lahan kritis. Hal ini dikuatirkan bisa berdampak terjadinya bencana jika tidak dilakukan pengendalian atau pencegahan. Apa lagi di musim hujan seperti ini.

“Kalau ini tidak dilakukan upaya merehabilitasi dan sekaligus pencegahan maka dikuatirkan akan berkembang. Lahan kritis berkaitan bencana alam seperti longsor dan banjir,” jelasnya.

Proses konsultasi ini disebut jangka waktunya 14 hari. “Jika tidak jawaban atau tanggapan berarti kita anggap sudah clear semua,” katanya. (SO)

PEMKOT-Makassar