Terpilih Jadi Presiden AS ke -45, Donald Trump Berjanji Akan Jadi Presiden Bagi Semua Warga AS

Republican presidential hopeful Donald Trump speaks during the prime time Republican presidential primary debate on August 6, 2015 at the Quicken Loans Arena in Cleveland, Ohio. AFP PHOTO/MANDEL NGAN

SUARACELEBES.COM, WASHINGTON, – Donald Trump telah mengejutkan Amerika Serikat dan dunia, dengan mengalahkan Hillary Clinton dalam pertarungan untuk menjadi presiden ke-45 AS. Milarder partai Republik itu berhasil memenangkan pemilu 2016 yang disebut sebagai pemilu paling memecah-belah sepanjang sejarah AS.

Dalam pidato kemenangannya, Trump mengakui adanya perpecahan tersebut. “Sekaranglah saatnya bagi Amerika untuk membalut luka perpecahan,” ujar Trump di depan para pendukungnya di New York, seperti dilansir kantor berita AFP, Rabu (9/11/2016).

“Saya berjanji pada semua warga negara di tanah air kita bahwa saya akan menjadi presiden bagi semua warga Amerika,” imbuh Trump yang disambut sorak-sorai para pendukungnya.

Selama kampanyenya, Trump kerap mengeluarkan pernyataan-pernyataan kontroversial yang menuai kemarahan banyak pihak. Mulai dari ancamannya untuk melarang muslim masuk ke AS, mendeportasi para imigran ilegal, hingga mencabut sejumlah kesepakatan perdagangan bebas.

PEMKOT-Makassar