Tahun 2017, KPK Akan Tetapkan 25 Orang Fokus di OTT

Alexander Marwata, Wakil Ketua KPK (int)

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR – Operasi tangkap tangan atau yang biasa disingkat OTT menjadi ‘senjata’ KPK dalam melakukan penindakan pemberantasan korupsi selama ini. Namun seringkali tim yang bertugas saat OTT memiliki tugas yang tumpang tindih karena masih harus menangani kasus-kasus lainnya.

Terkait hal itu, Wakil Ketua KPK Alexander Marwata menyebut kemungkinan akan membentuk tim berisi 25 orang yang akan difokuskan untuk OTT. Hal itu menurut Alex akan lebih efektif dibandingkan sistem kerja saat ini.

“25 orang fokus di OTT, mungkin kita fokuskan. Selebihnya melalui case building, jadi ada tenaga untuk mengefektifkan perkara,” kata Alex saat temu media di KPK, Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Selasa (15/11/2016).

Sebelumnya pada Kamis (10/11), Ketua KPK Agus Rahardjo mengaku komisi antirasuah itu membutuhkan tenaga besar untuk mengusut kasus-kasus yang masih mangkrak. Untuk tahun ini, KPK menambah 100 penyidik.

“Kenapa kita menambah pegawai cukup besar (di tahun) 2016, 100 (penyidik) tambahan, 2017 juga, yang rekrutmen 2016 ada 450 orang? Jadi karena beban kerja yang kemudian semakin banyak, semakin perlu tambahan yang besar,” kata Agus.

Agus pun menjanjikan KPK yang akan lebih bertaji dan penyelesaian kasus lama di tahun depan. “Kita mudah-mudahan tahun depan, 2017, kasus bisa ditengok lagi kasus lama,” ujar Agus menambahkan.

PEMKOT-Makassar