ACC : Mencurigakan, Gubernur Sulbar Pilihkan Pengacara Untuk Tersangka Korupsi Awaluddin

Abdulkadir Wokanubun, Sekretaris Lembaga ACC.

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR – Tersangka Kasus Korupsi Alat Kesehatan Rumah Sakit Umum Daerah Propinsi Sulawesi Barat, Awaluddin mendapat perlakuan khusus dari Gubernur Sulawesi Barat, Anwar Adnan Saleh berupa ditunjuknya penasehat hukum untuk mendampingi Awaluddin pada proses pelimpahan tahap dua. Awaluddin yang diketahui hanya seorang staf non PNS yang dijadikan sebagai tersangka juga masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) oleh Kejaksaan Tinggi Sulawesi Selatan dan Barat.

Berdasarkan hasil wawancara melalui sambungan telepon dengan Alex Lakaduma selaku Penasehat Hukum resmi dari Awaluddin, menyebutkan bahwa dirinya berhalangan hadir untuk mendampingi proses pelimpahan tahap dua Awaluddin kemarin (17/11/2016) karena sedang berada di luar kota. Sehingga Gubernur menunjuk pengacara untuk mendampingi Awaluddin.

img_5940“gubernur sudah tunjukkan pengacara untuk dampingi proses pelimpahannya kemarin, karena saya lagi di Jakarta, Awaluddin juga sudah tahu karena dia tadi menelpon,” ujar Alex Lakaduma

Abdulkadir Wokanubun, Sekretaris Lembaga Anti Corruption Committee (ACC) Sulawesi menilai tindakan yang dilakukan oleh Gubernur Sulbar sangat tidak etis dan sarat akan kepentingan. Gubernur dianggap punya kepentingan dalam hal penunjukan penasehat hukum terhadap Awaluddin, pasalnya hal ini berkaitan dengan pembelaan di persidangan nantinya.

“ini lebih pada persoalan etika, selain itu patut diduga ada sesuatu dibalik penunjukan kuasa hukum oleh gubernur, karena ini terkait dengan strategi pembelaan nantinya,” jelas Abdulkadir

Berdasarkan data yang dihimpun suaracelebes.com, dalam kasus ini Awaluddin berperan sebagai perantara , mengarahkan dan mengatur pertemuan dengan pihak rekanan yakni PT Kitan Fadila Pratama dengan Pejabat Pembuat Komitmen dari proyek pengadaan alat kesehatan ini, agar pihak rekanan tersebut menjadi pemenang tender. (SEN)

PEMKOT-Makassar