SYL Pindah Partai, Ini Kata Pengamat Politik Unhas

Gubernur Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo bersama Ketua DPW Nasdem Sulsel Rusdi Masse dan sejumlah pengurus Nasdem melakukan jalan sehat bersama di Jogging track Lapangan Karebosi, Minggu (20/11/2016). (int)

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR – Mantan Ketua DPD I Golkar Sulsel Syahrul Yasin Limpo (SYL) terus memperlihatkan kedekatannya dengan elite Nasdem Sulsel. Terbaru, SYL jogging bersama dengan sejumlah elite Nasdem.

Sikap politik Gubernur Sulsel tersebut dinilai sebagai komunikasi politik dalam bentuk perlawananya dengan Golkar. Apa yang dilakukan SYL dianggap tidak lepas dengan kondisi politik yang dialaminya pasca diganti sebagai ketua Golkar Sulsel.

“Fenomena itu tidak berdiri sendiri. Itu sulit dipisahkan dengan kondisi SYL di Golkar. Itu rangkaiaan perilaku politik pasca pengembil alihan jabatan ketua,” kata pengamat politik dari Universitas Hasanuddin (Unhas) Adi Suryadi Culla di Makassar.

Adi Culla menjelaskan, SYL dengan kondisi sekarang tak lagi memiliki beban politik. Tanpa jabatan di partai dianggap membuatnya lebih leluasa berhubungan dengan partai politik lain. Namun SYL dianggap dalam posisi yang sulit. Apakah tetap di Golkar tanpa posisi atau berpindah kepartai lain.

“Memang salah satu yang kuat melakukan pendekatan kepada Syahrul adalah Nasdem. Meskipun beberapa partai lain membuka pintu,” tambahnya.

Kemungkinan SYL pindah partai disebut kian besar. “Kalau pindah partai itu bisa saja ke Nasdem,” ujar dia.

Sementara itu, Wakil ketua Nasdem Sulsel Arum Spink menolak berspekulasi terkait kebersamaan SYL dengan elite partainya. Hanya saja di mengakui kalau Nasdem berharap SYL bisa bergabung.

“Semoga saja (sinyal). Tapi entahlah,” kata Arum Spink. (SO)

PEMKOT-Makassar