Permudah Laporan Harta, KPK Akan Terapkan Sistem E-LHKPN

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan mencoba menerapkan satu sistem aplikasi untuk mempermudah Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LPHKN) bagi setiap pejabat. Pasalnya,  pelaporan LHKPN sering mengalami keterlamatan.

Wakil Ketua KPK Saut Situmorang menerangkan KPK nantinya akan mencoba aplikasi yang dinamai E-LHKPN, sehingga nantinya seluruh pejabat tidak lagi perlu datang jauh-jauh ke kantor KPK untuk pelaporan LHKPN. Hal tersebut diungkapkan saat membuka workshop peran perempuan dalam pencegahan korupsi, di Hotel Harper Makassar, senin pagi (22/11/2016)

“Kita akan mencoba dengan E-LHKPN jadi tidak mesti datang ke jakarta tidak beralasan jauh, jadi prosesnya cepat,” tegasnya.

Rencananya realisasi aplikasi tersebut sudah mulai dijalankan pada awal tahun 2017 mendatang. Jika terdapat harta berupa surat-surat maka pejabat besangkutan cukup mengupload dan memasukkan kedalam aplikasi tersebut.

Saut Situmorang juga belum bisa memastikan jika keterlambatan laporan LHKPN diakibatkan karena faktor kemalasan atau upaya menyembunyikan harta. “Jadi kita belum sampai kesimpulan ini karena malas, ini lengah  atau ada harta yang disembunyikan kita belum sampai disitu,”kata  Wakil Ketua anti rasuah tersebut.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Gubernur Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo dan Wali Kota Makassar Mohammad Ramdha Pomanto. (*)

 

PEMKOT-Makassar