Pemkab dan DPRD Sidrap Bahas Ranperda Kawasan Tanpa Rokok

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR – Pemerintah Kabupaten Sidrap bersama DPRD Sidrap, Selasa (22/11/2016) menggelar Rapat Paripurna pembicaraan tingkat satu terhadap tiga Ranperda yakni Ranperda Kawasan Tanpa Rokok, Ranperda Pokok-pokok pengelolaan keuangan daerah dan ranperda perubahan atas peraturan daerah Kab. Sidrap nomor 6 tahun 2010 tentang penyertaan modal daerah pada pihak ketiga.

Dalam rapat itu Bupati Sidrap Rusdi Masse menyerahkan langsung 3 draft Ranperda  pada Ketua DPRD Sidrap Zulkifli Zain untuk dibahas di DPRD Sidrap.

Sementara dalam sambutannya RMS mengatakan, saat ini merupakan era persaingan antar daerah, karena itu pemerintah dituntut untuk kreatif dan melakukan terobosan yang muaranya adalah untuk kepentingan masyarakat, seperti pembuatan Ranperda Kawasan Tanpa Rrokok.

“Ranperda itu penting untung menjaga dan melindungi masyarakat kita, karna rokok tidak hanya bisa berdampak medis terhadap perokok aktif, namun juga pasif dan lingkungan. Pemerintah tidak melarang merokok, tapi itu harus di atur agar masyarakat kita terlindungi, utamanya masyarakat yang tidak merokok, ” ungkapnya.

Karena itu, lanjut RMS, pelaksanaan kawasan tanpa rokok yang tegas menjadi kunci utama penanganan masalah rokok, selain itu yang tidak kalah penting adalah peranan provider kesehatan dalam mempromosikan kesehatan terkait masalah rokok , serta sosialisasi ditingkat masyarakat.

“ Jadi pada pokoknya produk tembakau bisa membahayakan kesehatan, sementara hak untuk mendapatkan lingkungan yang sehat dalam kehidupan manusia merupakan hak asasi manusia yang harus diterjemahkan oleh negara maupaun pemerintah daerah sebagai bentuk perlindungan kepada warganya,” pungkasnya.(*)

 

PEMKOT-Makassar