Cegah Korupsi, KPK Perkenalkan Aplikasi JAGA di Pemprov Sulsel

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang diwakili Direktur Bidang Data dan Informasi Hary Budiarto , dengan Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, Agus Arifin Nu’mang dan Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto, mengelar pertemuan tertutup di kantor gubernur Sulawesi Selatan,   kamis pagi (24/11/2016). Mereka  membahas sebuah program pencegahan korupsi ditingkat pemerintah daerah.

KPK telah memiliki  aplikasi yang bernama JAGA  untuk pelaporan pelayanan publik dan akan dilaunching, pada tanggal 9 Desember 2016 oleh Presiden bertepatan  hari anti korupsi.

Direktur Bidang Data dan Informasi Hary Budiarto mengatakan dalam pencegahan tindak pidana korupsi kuantitasi market sangat penting maka didalam aplikasi JAGA nantinya menghasilkan pilot project dari berbagai kota.

“Kita ingin mendapatkan pilot project yang ada di Makassar, jadi didalam pencegahan korupsi kuantitasi sangat penting,” ungkap Hary.

Aplikasi JAGA akan mengawal transparansi dibeberapa bidang, diantaranya Bidang pendidikan terkait transparansi penggunaan anggaran pendidikan, Bidang kesehatan terkait kesediaan fasilitas seperti kesediaan tempat tidur dan khusus puskesmas pengecekan dana yang mengalir dan Bidang perizinan,  terkait perizinan apa saja yang ada, waktu penyelesaiannya dan biaya perizinan.

Sementara itu, Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Agus Arifin Nu’mang mendukung rencana tersebut. Sebab, KPK sendiri ingin membuat induk progran pencegahan korupsi disetiap daerah.

“Nanti terkoneksi Makassar jadi yang mau dibikin ini induknya. kita dikasi liat supaya kita ikuti format yang ditentukan,” pungkas agus. (*)

 

 

PEMKOT-Makassar