Pemda Sidrap Akan Beri Sanksi Bagi Perokok

SUARACELEBES.COM, SIDRAP – DPRD Kabupaten Sidrap kini telah mengodok Ranperda Kawasan tanpa rokok, dalam ranperda yang di usulkan pemda Sidrao iniĀ  terdapatĀ  sanksi yang disiapkan bagi yang melanggar larangan merokok pada kawasan-kawasan tertentu di Sidrap. Bahkan sanksi yang dimaksud bukan saja diberlakukan bagi perokok aktif, akan tetapi juga bagi pemimpin atau penanggung jawab kawasan.

Hal itu disampaikan Bupati Sidrap, Rusdi Masse saat menyampaikan jawaban terhadap pemandangan umum fraksi-fraksi dalam rapat Paripurna DPRD Sidrap, Kamis (24/11/2016) tentang Kawasan Tanpa Rokok (KTR) di Kabupaten Sidrap dan dua Ranperda lainnya.

Bupati Sidrap dua periode itu mengatakan, pemberlakuan kawasan tanpa rokok harus dimulai di kantor instansi pemerintah, termasuk DPRD di dalamnya. Selain itu, Pemerintah Daerah juga tetap mengupayakan agar diberlakukan pada lingkup kawasan lainnya, sebagaimana dimaksud dalam Ranperda KTR.

“Seperti fasilitas kesehatan, tempat proses belajar mengajar, pendidikan dan pelatihan, tempat bermain anak, tempat ibadah, angkutan umum dan tempat umum lainnya sebagaimana yang ditetapkan dalam peraturan perundang-undangan,” kata Rusdi Masse.

Hal itu, katanya, tidak lain sebagai upaya pemerintah daerah dalam menciptkan lingkungan yang bersih dan sehat, sehingga dapat meningkatkan taraf kesehatan masyarakat. Adapun sanksi larangan merokok pada kawasan-kawasan tertentu telah diatur dengan cukup jelas dalam Ranperda.

Bahkan sanksi yang dimaksud bukan saja diberlakukan bagi perokok aktif akan tetapi juga bagi pemimpin atau penanggung jawab kawasan.(*)

PEMKOT-Makassar