Polsus Air PSDA Kabupaten Sidrap Butuh Penambahan Fasilitas

SUARACELEBES.COM, SIDRAP – Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Kabupaten Sidrap, mengumpulkan petugas kepolisian khusus Irigasi di sekretariat Polsus Air PSDA Kabupaten Sidrap komplek kantor Satuan kerja perangkat daerah (SKPD).

Pengumpulan Polisi Khusus Irigasi tersebut untuk membahas sejumlah masalah terkait irigasi di kabupaten Sidrap, hal itu diungkapkan Kepala Bidang Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Sidrap Yusuf Thamrin, kamis (08/12/2016.

Yusuf menyebutkan pertemuan rutin digelar Dinas PSDA Sidrap dan diikuti seluruh Polsus Irigasi yang tersebar di wilayah Sidrap.

“Ini pertemuan rutin, untuk bulan desember minggu kedua tujuannya untuk melakukan Pembinaan, konsoludasi pengaman dan oprasi serta pemeliharaan setiap musim tanam untuk bulan oktober dan maret,” terang Yusuf.

Jumlah polisi khusus Irigasi PSDA Sidrap itu, lanjut Thamrin sebanyak 55 orang, terdiri dari pengamat dan juru irigasi, masing-masing 7 pengamat dan 5 hingga 6 orang juru irigasi di setiap UPT-nya. Dalam pertemuan itu lanjutnya lagi, para petugas polsus Irigasi itu mengeluhkan minimnya fasilitas.

“Petugas Polsus kami saat ini fasilitasnya tidak memadai, seperti misalnya kendaraan oprasional motor bebek, padahal kondisi wilayah dan luas wilayah tidak memungkinkan untuk menggunakan motor bebek dan lebih cocok sebenarnya motor segala medan seperti motor trail,” terangnya.

Sementara itu masalah lain di ungkapkan Syarifuddin Polsus Irigasi Unit Pengelola Tehnis (UPT) bila. Meski di daerahnya relatif tidak ada kendala berarti, namun ia mengeluhkan petugas PLN yang melakukan pemangkasan pohon dan membung pohonnya dipinggir saluran air.

“Kami harap petugas PLN atau masyarakat jangan membuang ranting pohon dipinggir saluran, karna selain karena personil kami kurang untuk membersihkan. Ranting-ranting pohon itu bisa masuk ke saluran dan akhirnya saluran irigasi tersumbat,” tandasnya.

 

PEMKOT-Makassar