Awal Tahun 2017, KPUD Makassar Mulai Pendataan Pemutakhiran Data Pemilih

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR – Komisi Pemilihan Umum (KPUD) Makassar akan melakukan pendataan pemutakhiran data pemilih menjelang pemilihan wali kota yang akan digelar pada 2018 mendatang. Pendataan  akan dimulai pada awal Januari 2017 nanti.

“Sebenarnya sudah berjalan. Makanya disebut pemutakhiran pemilih berkelanjutan. Ini sudah masuk semester kedua.Tahun depan masuk tahapan. Tapi kita sudah bekerja sejak awal tahun,”kata Komisioner KPUD Makassar Rahma Saiyed, Sabtu (17/12/2016).

Berdasarkan  data dinas kependudukan dan catatan sipil Kota Makasar, jumlah pemilih mencapai 1,2 juta orang per November 2016. Jumlah ini diperkirakan masih terus meningkat hingga pikwalkot 2018.

Lebih lanjut Rahma menuturkan, pemutakhiran pemilih itu akan bekerjasama dengan beberapa instansi. Seperti Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Polrestabes, kementerian agama, penyandang disabilitas, dan Kodim 1408/B5 Makassar.

Hal ini dilakukan untuk mengetahui berapa jumlah pelajar yang sudah berusia 17 tahun, memperoleh data warga yang berubah status dari sipil menjadi polisi dan TN, berapa jumlah warga yang sudah menikah tapi belum berumur 17 tahun, dan penyandang disabilitas yang malu menggunakan hak pilihnya.(*)