Akademisi Sulsel bedah Program Rp100 Miliar SDK-Kalma

Dialog publik yang dihadiri sejumlah akademisi di kota Makassar. Dialog ini membahas program SDK-Kalma yang maju di Pilgub Subar. (dok)

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR – Program pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur Sulbar, Suhardi Duka dan Kalma Katta (SDK-Kalma) dibedah pada dialog publik yang digelat Kammi Sulselbar, di Warkop 212, Jl Boulevard, Makassar.

Diskusi ini menghadirkan tiga pembicara utama seperti, Arqam Azikin (Unismuh), Arief Wicaksono (Unibos) dan Adi Suryadi Culla (Unhas). Salah satu fokus materi diskusi adalah program santunan SDK-Kalma untuk penyaluran dana Rp100 miliar per kabupaten setiap tahunnya.

Arqam Azikin mengatakan, secara umum konsep program SDK-Kalma sangat menarik. Adapun janji Rp100 miliar pertahun disebut dimungkinkan.

“Ini tentu sudah melalui hitungan matang. Sebagai mantan bupati SDK tentu punya pengalaman,” kata Arqam Azikin.

Arief Wicaksono menjabarkan, program SDK-Kalma relatif ideal. Selanjutnya bagaimana program ini bisa dijual sehingga bisa dijadikan komuditas politik masyarakat. “Tentunya harus bisa direalisasikan,” kata Arief.

Sementara Adi Suryadi Culla menyampaikan apresiasinya kepada SDK-Kalma. Ia menilai programnya sudah sangat matang yang juga sebagai penanda kalau dirinya punya konsep dalam memimpin Sulbar.

“Indikatornya membaca visi dan misi kandidat ini sangat siap dari segi konsep. Terstruktur dan program jelas, sisa dikembangkan,” kata Dosen Politik Unhas Makassar ini.

Adi menambahkan, kerangka dibuat menunjukkan bahwa gagasan membangun Sulbar sudah dimiliki dengan matang dan terstruktur. Kandidat ini, kata Adi, keduanya punya latar belakang, bupati dua periode membawa pengalaman. (SO)