Menteri Desa : Banyak Kepala Desa Lakukan Penyelewengan Dana Desa

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal Dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Eko Putro Sandjojo menghadiri pertemuan dengan pemerintah provinsi Sulawesi Selatan di  kantor gubernur, senin (19/12/2016.) Menteri Eko didampingi oleh Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Agus Arifin Nu’mang dan jajarannya.

Eko Putro Sandjojo menyoroti penyaluran dana desa yang tidak maksimal diseluruh Indonesia. Hal tersebut didasarkan banyaknya kepala desa yang melakukan penyelewengan dana desa yang bersumber dari pemerintah pusat.

Eko Putro meminta kepada seluruh pihak utamanya masyarakat di desa terus mengawal penggunaan dana desa digunakan sesuai dengan peruntukannya.

“Tentunya saya minta pengawalan dari semua masyarakat, media agar dana desa tersebut tidak mudah diselewengkan,” tandas Eko.

Sepanjang tahun 2016 Kemendes PDTT telah menerima 7000 laporan dari masyarakat terkait penyalahgunaan dana desa di Indonesia. Saat ini Kemendes telah membentuk Satuan Tugas (Satgas) untuk pencegahan penyelewengan dana desa disetiap daerah.

Eko Putro menjelaskan ada beberapa modus penyelewengan dana desa yang selama ini terjadi seperti ketidak transparannya kepala desa menggunakan dana desa atau pemotongan dana desa dari atasan kepala desa.

“Ada banyak modusnya, ada yang tidak transparan dia mau menggunakan dana desa, yang dilevel diatas kepala desa memotong dana desanya dengan alasan berbagai macam,” tegasnya.

Kemendes PDTT rencananya akan membentuk kembali tim cyber pungli dana desa dimana tim tersebut akan bekerjasama dengan pihak Polri dan KPK.