TKA Ilegal Marak, Wagub Sulsel Minta Pihak Imigrasi Perketat Pemberia Visa

Wakil Gubernur Sulsel, Agus Arifin Nu'mang. (int)

SUARACELEBES.COM, ,MAKASSAR – Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Agus Arifin Nu’mang menekankan, agar memberi perhatian khusus terkait maraknya Tenaga Kerja Asing (TKA) ilegal yang masuk bekerja dihampir seluruh daerah di Indonesia, khususnya Sulawesi Selatan.

Pemprov Sulsel meminta pihak imigrasi lebih waspada terhadap pemberian visa kepada  warga negara asing. Pasalnya, aturan bebas visa saat ini dinilai harus diperketat dibagian Keimigrasian Bandara, apalagi masuknya warga negara asing yang masuk di Sulsel.

Agus Arifin Nu’mang mengaku tidak mempermasalahkan jika terdapat perusahaan yang menggunakan tenaga kerja asing, namun dengan catatan izin yang harus jelas.

“Sebenarnya tidak masalah, yang beda adalah kalau mereka ini datang ke Indonesia atau ke Sulsel menggunakan visa kunjungan tapi justru bekerja disini,” jelas Agus.

Agus menambahkan maraknya TKA ilegal ini sudah menjadi permasalahan disetiap daerah, dan dampaknya akan mengurangi lapangan pekerjaan bagi tenaga kerja lokal.

“Jangan sampai TKA sudah banyak masuk, dan berdampak ke tenaga kerja kita,” tandasnya.

Sampai saat ini, pihak Pemprov Sulsel belum mendapatkan data pasti tentang jumlah TKA ilegal yang ada di Sulawesi Selatan. Hal tersebut terkendala adanya beberapa perusahaan yang tidak terbuka tentang data tenaga kerjanya.(*)

 

PEMKOT-Makassar