PK Bupati Enrekang Muslimin Bando Ditolak Mahkamah Agung

Bupati Enrekang, Drs H Muslimin Bando.

SUARACELEBES.COM – Peninjauan Kembali (PK) yang diajukan Bupati Kabupaten Enrekang, Muslimin Bando, ditolak oleh Mahkamah Agung (MA). PK diajukan Muslimin atas putusan kasasi yang memenangkan tergugat mantan Asisten Administrasi Umum, Imran Mazmur dkk.

Kuasa hukum Imran dkk, Muhamad Faisal menguraikan gugatan yang diajukan kliennya kepada Bupati Enrekang ini, karena kliennya  tidak terima dengan pemberhentiannya sebagai pejabat Pemkab Enrekang.

“Dengan MA menolak gugatan PK Bupati PK Bupati Enrekang maka jabatan masing-masing Di berhentikan harus dikembalikan,”ujarnya.

Adapun pejabat yang diberhentikan sebelumnya yaitu  Imran Mazmur selaku Asisten Administrasi Umum, Alzam Taqwa selaku Sekretaris DPRD kabupaten Enrekang, Yuyu Yuhaeni selaku Kepala Badan Kepegawaian Kabupaten Enrekang, serta Imran Bidohang selaku Kepala Dinas Perhubungan, Informasi Komunikasi, Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Enrekang.

Pengembalian jabatan ini sesuai dengan isi putusan MA yang telah berkekuatan hukum tetap.

“Putusan MA menegaskan bahwa SK Bupati Enrekang Nomer 53 tentang Pemberhentian Pegawai Negeri Sipil dari jabatan struktural lingkup pemerintah Kabupaten Enrekang  dan Nomor 54  tentang pengangkatan pemindahan dalam dan dari dinyatakan batal,” kata Faisal

Gugatan ini juga telah dimenangkan kliennya mulai dari pengadilan PTUN tingkat pertama. banding hingga kasasi di MA. Selanjutnya putusan MA kembali menguatkan putusan dengan menolak PK yang diajukan tergugat  yakni Bupati Enrekang, Muslimin Bando

Hakim menyatakan SK Nomor 53 dan 54 tahun 2014 cacat hukum karena menyalahi PP Nomor 10, terkait pengakatan dan mutasi pejabat. Selain itu, SK ini juga dianggap menyalahi aturan baperjakat serta konsultasi Gubernur untuk mutasi dan penggangkatan pejabat eselon II.

“Selaku pejabat yang mengerti hukum, bupati Enrekang sudah harus menaati dan mengikuti putusan tersebut yaitu embalikan jabatan mereka,” tegas Faisal.

Sementara itu, mantan Asisten Administrasi Umum, Imran Mazmur mengaku bersyukur atas putusan pengadilan yang kembali memenangkan dirinya bersama keempat rekannya. Ia pun berharap agar Bupati menaati aturan tersebut.(*)

 

PEMKOT-Makassar