Ini Pasal yang Jerat Tersangka Penikaman Polisi di Balaikota

Kasi Pidana Umum Kejari Makassar, Andi Usama

SUARACELEBES.COM, MAKASSAR – Berkas dakwaan dugaan penikaman terhadap anggota Satuan Direktorat Sabhara Polda Sulsel, Bripda Michael Abraham dengan tersangka honorer Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Makassar, Jusman telah dirampungkan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejari Makassar.

Kepala Seksi Pidana Umum Kejari Makassar, Andi Usama mengatakan berkas yang rampung itu pun akan dilimpahkan untuk di sidang di Pengadilan Negeri (PN) Makassar, pekan ini.

“Sudah siap dilimpahkan ke pengadilan. Dakwaan sudah selesai disusun JPU,” terang Andi Usama

Sementara itu, Jaksa Penuntut Umum, Adrian menguraikan dua dakwaan yang disangkakan kepada tersangka Jusman yakni dakwaan primer pasal 338 KUHP  tentang perbuatan dengan sengaja menghilangkan nyawa orang lain, atau bersalah telah melakukan pembunuhan.

Dan dakwaan subsider Pasal 351 ayat 3 KUHP ¬†tentang perbuatan penganiayaan yang menyebabkan hilangnya nyawa seseorang. “Untuk dua pasal ini ancaman hukumannya maksimal 15 tahun penjara sebagaimana yang tertuang dalam kitab undang-undang hukum acara pidana,” jelas Adrian.

Menurut Adrian, berdasarkan dakwaan, perbuatan tersangka telah memenuhi syarat formil dan materil sehingga layak dibuktikan dihadapan persidangan.

Perbuatan itu lanjut Adrian yakni tindakan Jusman yang menusukkan sebilah badik berukuran 15 sentimeter ke bagian vital, pinggang sebelah kiri korban Bripda Michael Abraham.

Akibat penusukan itu, lanjut Adrian korban mengalami luka robek sedalam 10 sentimeter dan meninggal dunia

Setelah berkas perkara ini rampung, selanjutnya akan dilimpahkan ke pengadilan dan segera menjalani persidangan. (*)

 

PEMKOT-Makassar